Uji Potensiasi Efek Hipnotik Natrium Tiopental oleh Ekstrak Etanol 96% Daun Kemuning (Murraya paniculata Jack) pada Mencit Putih Jantan Galur Swiss Webstar

KURNIA, DITA (2007) Uji Potensiasi Efek Hipnotik Natrium Tiopental oleh Ekstrak Etanol 96% Daun Kemuning (Murraya paniculata Jack) pada Mencit Putih Jantan Galur Swiss Webstar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)

Abstract

Secara empiris daun kemuning (Murraya paniculata Jack) digunakan sebagai obat penenang dan obat sukar tidur. Untuk membuktikan secara ilmiah bahwa daun kemuning mempunyai efek hipnotik, dilakukan uji potensiasi efek hipnotik natrium tiopental oleh ekstrak etanol 96% daun kemuning pada mencit putih jantan galur Swiss Webstar. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksperimental, dengan rancangan acak lengkap pola searah yang dilakukan pada 30 ekor mencit putih jantan dengan dibagi dalam 6 kelompok perlakuan yaitu kelompok I kontrol negatif (CMC-Na 0,5 %), kelompok II kontrol positif (Klorpromazin HCl 13 mg/kgBB), kelompok III, IV, V dan VI berturut-turut mendapat perlakuan ekstrak etanol daun kemuning dengan dosis 100, 200, 400 dan 800 mg/kgBB secara per oral, setelah 45 menit diberikan Na-Tiopental 72,8 mg/kgBB secara intraperitonial sebagai penginduksi tidur. Parameter utama pada uji efek hipnotik adalah durasi tidur pada mencit putih jantan. Analisis statistik data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji ANOVA (Analysis of Variance) satu jalan, dilanjutkan uji LSD (Least Significant Difference) dengan taraf kepercayaan 95 %. Dari penelitian ini diperoleh hasil durasi ekstrak etanol daun kemuning dosis 100, 200, 400 dan 800 mg/kgBB menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna terhadap kontrol negatif (CMC-Na 0,5 %) dengan p < 0,05. Hal tersebut menunjukkan ekstrak etanol daun kemuning dapat memberikan efek hipnotik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hipnotik, ekstrak etanol daun kemuning (Murraya paniculata Jack)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Feb 2012 05:36
Last Modified: 17 Feb 2012 05:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16911

Actions (login required)

View Item View Item