Analisis Logam Zn dan Cd dalam Air Sungai Kunden di Sekitar Industri Tekstil Gumpang-Kartasura dengan Metode Spektofotometri Serapan Atom

WIDYASTUTI, EERSTA ZUSVITA (2007) Analisis Logam Zn dan Cd dalam Air Sungai Kunden di Sekitar Industri Tekstil Gumpang-Kartasura dengan Metode Spektofotometri Serapan Atom. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Perkembangan kegiatan industri dan pembangunan yang kian pesat di daerah Kartasura dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai masalah lingkungan. Salah satunya adalah industri tekstil Gumpang Kartasura yang membuang limbah cairnya di sungai Kunden. Hal ini terlihat dari warna air sungai yang menjadi kehitam-hitaman dan bau yang tidak enak hal ini akan membawa dampak yang merugikan kesehatan masyarakat sekitarnya. Industri tekstil biasanya menggunakan logam Zn dan Cd yang digunakan sebagai campuran bahan pewarna dan logam tersebut dapat menyebabkan ketoksikan bila kadarnya melebihi batas yang telah ditentukan. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan logam Zn dan Cd dalam air sungai Kunden di daerah Gumpang Kartasura. Sampel yang diambil berupa air di sepanjang sungai Kunden di sekitar industri tekstil Gumpang Kartasura sebanyak 5 titik yaitu, titik 1 berada 100 meter sebelum sumber pembuangan limbah pabrik I ; titik 2 berada tepat pada sumber pembuangan limbah pabrik I ; titik 3 100 meter dari titik 2 dan tepat pada sumber pembuangan limbah pabrik II ; titik 4 berjarak 100 meter dari titik 3 ; dan titik 5 berjarak 200 meter dari titik 3. Sampel kemudian dianalisis kandungan logam Zn dan Cd-nya dengan Spektrofotometri Serapan Atom. Secara kualitatif ditunjukkan bahwa dalam air sungai mengandung logam Zn dan Cd. Dan secara kuantitatif hasi perhitungan menunjukkan konsentrasi untuk logam Zn pada titik I 0, 0222 ppm ; titik II 0,0547 ppm; titik III 0,1126 ppm ; titik IV 0,0997 ppm; titik V 0,0547 ppm dan untuk logam Cd titik I 0,0085 ppm ; titik II 0,0088 ppm ; titik III 0,0147 ppm ; titik IV 0,0127 ppm ; titik V 0,0094 ppm. Berdasarkan Keputusan Menteri Negara KLH Nomor KEP- 03/MENKLH/II/1991 mengenai Baku Mutu Limbah Cair, konsentrasi logam Zn masih dalam batas yang diizinkan sedangkan untuk logam Cd konsentrasi dalam air sungai telah melampaui batas konsentrasi yang diizinkan yaitu konsentrasi maksimal untuk logam Zn 2 ppm dan untuk logam Cd 0,01 ppm.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Logam Zn, Logam Cd, Sungai Kunden, Spektrofotometri Serapan Atom
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Feb 2012 11:09
Last Modified: 15 Feb 2012 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16866

Actions (login required)

View Item View Item