Efek Penyembuhan Luka Bakar Salep Ekstrak Etanol Kulit Buah Pisang (Musa Paradisiaca L.) Basis Tercuci pada Kulit Punggung Kelinci Jantan New Zealand

UMAMI, ALFIA (2007) Efek Penyembuhan Luka Bakar Salep Ekstrak Etanol Kulit Buah Pisang (Musa Paradisiaca L.) Basis Tercuci pada Kulit Punggung Kelinci Jantan New Zealand. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman masyarakat kulit buah pisang ambon digunakan untuk penyembuhan luka bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek salep ekstrak kulit buah pisang Ambon (Musa paradisiaca L.) basis tercuci terhadap penyembuhan luka bakar pada kulit punggung kelinci jantan New Zealand. Penelitian ini bersifat eksperimen eksploratif rancangan acak lengkap sama subyek dengan menggunakan 6 ekor kelinci yang dicukur punggungnya dan dibagi menjadi 6 bagian dan dibuat luka bakar. Bagian I tidak diberi perlakuan. Bagian II diberi basis salep tercuci sebagai kontrol negatif. Bagian III diberi perlakuan dengan salep Madecassol® sebagai kontrol positif. Bagian IV, V dan VI masing-masing diberi salep ekstrak etanol kulit buah pisang hasil maserasi dengan konsentrasi masing-masing 1%; 3% dan 5%. Pemberian salep sehari sekali sampai sembuh dan dihitung lamanya waktu sembuh. Data waktu penyembuhan dianalisis dengan uji Anava satu jalan dilanjutkan uji LSD (least Significant different) dengan taraf kepercayaan 95% (P<0,05). Dari penelitian ini didapatkan hasil yang signifikan antara kelompok kontrol tanpa perlakuan, kontrol negatif, kontrol positif dengan salep ekstrak kulit buah pisang pada konsentrasi 1%; 3% dan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa salep ekstrak kulit buah pisang mempunyai efek menyembuhkan luka bakar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksrak kulit buah pisang, salep, luka bakar.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Feb 2012 10:42
Last Modified: 15 Feb 2012 10:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item