SEMANGAT KERJA GURU DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH

EKAWATI, AMBAR DYAH (2008) SEMANGAT KERJA GURU DITINJAU DARI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap semangat kerja guru MIM Kec. Ceper. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kuantitatif dengan kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas (X) dan semangat kerja guru sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah guru MIM Kec. Ceper yang berjumlah 63 guru. Sampel penelitian diambil dari populasi guru-guru MIM tahun ajaran 2007/2008 sejumlah 54 guru dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan uji Croncbach Alpha, uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas menggunakan uji anova. Metode pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (variabel kepemimpinan kepala sekolah) terhadap satu variabel terikat (semangat kerja guru). Dari hasil penelitian dengan analisis regresi linier sederhana diperoleh (1) persamaan regresi Y = 23,524 + 0,283x dimana koefisien regresi sebesar 0,283, dengan nilai Po (Sig) 0,000 menyatakan jauh lebih kecil dari 0,05 yang berarti variabel X mempengaruhi variabel Y, (2) Kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi semangat kerja guru sebesar 14,3% sedangkan 85,7% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semangat kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 May 2009 07:51
Last Modified: 17 Nov 2010 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item