Analisis Penentuan Jumlah Mesin Produksi dan Operator yang Optimal Untuk Mencapai Target Produksi Pembuatan Ban Radial di PT. Mega Safe Tyre Industry Salatiga

HIDAYAT, M. ARIF (2007) Analisis Penentuan Jumlah Mesin Produksi dan Operator yang Optimal Untuk Mencapai Target Produksi Pembuatan Ban Radial di PT. Mega Safe Tyre Industry Salatiga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Mega Safe Tyre Industry adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan ban radial. Upaya untuk menentukan jumlah fasilitas produksi ini dilakukan agar perusahaan tetap bertahan jika terjadi fluktuasi permintaan dengan analisis penentuan jumlah mesin produksi dan operator yang optimal untuk mencapai target produksi pembuatan ban radial. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dilakukan suatu analisis mengenai jumlah mesin produksi dan operator yang optimal. Adapun faktor yang berpengaruh dengan penentuan jumlah mesin ini adalah penentuan jumlah produk yang akan diproduksi disetiap tahapan proses, ditentukan berdasarkan total waktu baku yang diperlukan operator dalam melayani mesin, waktu siklus permesin dengan jam henti Dalam penentukan jumlah produk yang akan dibuat, terlebih dahulu dilakukan suatu permintaan atau peramalan terhadap kualitas produk berdasarkan data permintaan konsumen dimasa lalu, pengolahan data untuk meramalkan jumlah permintaan dengan menggunakan software Q. S 3.0, dengan nilai MSD (Mean Square Error) yang paling kecil adalah sebesar 3459 unit perhari dengan metode peramalan Weighted moving average. Berdasarkan hasil perhitungan maka dapat diketahui bahwa perusahaan membutuhkan penambahan bbeberapa jenis mesin untuk mampu mencapai target produksi sebesar 3459 unit perhari . karena dengan mempertimbangkan beberapa hal perusahaan tidak sanggup untuk melakukan penambahan beberapa mesin, maka penambahan mesin di perusahaan tidak layak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Waktu baku, jam henti, target produksi, jumlah mesin
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Feb 2012 07:38
Last Modified: 15 Feb 2012 08:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item