Analisa Manual Material Handling dengan Menggunakan Metode Biomekanika untuk Peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Khususnya Pekerja Perempuan

SULISTIYANI, SULISTIYANI (2007) Analisa Manual Material Handling dengan Menggunakan Metode Biomekanika untuk Peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Khususnya Pekerja Perempuan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

Kerja atau aktivitas merupakan salah satu kegiatan manusia yang tidak dapat dihindarkan lagi. Salah satu aktivitas tersebut adalah pemindahan barang. Prosese pemindahan barang terjadi baik diperusahaan maupun pada pekerja yang berada diluar perusahaan sebagaimana dipasar-pasar tradisional. Aktivitas pemindahan yang terjadi dipasar-pasar tradisonal biasanya terjadi secara manual. Aktivitas tersebut dilakukan secara membungkuk karena adanya pembebanan terlalu berat dan tidak merata yang mengakibatkan cidera tulang belakang (Muskoloskeletal) dan gangguan otot lainnya. Selain itu aktivitas pemindahan barang juga perlu diperhatikan guna meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja khususnya pekerja perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi yang langsung melibatkan pekerja yaitu pekerja penggendong beras di Pasar Ampel. Selain itu juga dilakukan studi pustaka dan wawancara secara langsung kepada para pekerja. Penelitian yang dilakukan adalah pengukuran Recommended Weight Limit (RWL), Lifting Indeks (LI), denyut nadi, konsumsi energi, dan momen gaya pada pekerja. Dari hasil analisis penelitian, yang membandingkan antara menggendong dengan cara biasa, menggunakan dengan menggunakan stagen dan menggunakan alat bantu trolly. Berdasarkan perhitungan konsumsi energi terlihat bahwa energi yang dikeluarkan pada saat keadaan awal melebihi batas yang ditentukan sebesar 1,0 Kkal/menit, dan setelah adanya upaya perbaikan dengan menggunakan stagen ternyata masih melebihi batas yang ditentukan. Dengan menggunakan alat bantu trolly konsumsi energi sebagian besar pekerja penggendong beras tidak melebihi batas yang ditetapkan. Dari hasil penelitian yang masih dibatas ambang normal tumini, pariyem dan rukiyah. Sedangkan analisa Momen Gaya menyatakan bahwa semua aktivitas yang dilakukan sebelum dan sesudah adanya upaya perbaikan sebagian besar dibawah batas normal batas beban 6500 N.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: RWL, LI, Konsumsi Energi, Momen Gaya, Muskuloskeletal
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Feb 2012 05:16
Last Modified: 15 Feb 2012 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item