Penentuan Jumlah Produksi dengan Aplikasi Fuzzi-Mandani Meenggunakan Tool Box-Matlab 6.5.1 (Study kasus : PP. Burung Mas, Mojosongo)

Rahayu, Menik (2007) Penentuan Jumlah Produksi dengan Aplikasi Fuzzi-Mandani Meenggunakan Tool Box-Matlab 6.5.1 (Study kasus : PP. Burung Mas, Mojosongo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BABIV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Permintaan konsumen sangat sulit untuk diketahui mengakibatkan permasalahan jumlah produksi yang tidak sesuai dengan pasar. Sehingga penetapan jumlah produksi yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan menyebabkan kerugian bagi pihak perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PP.Burung Mas Mojosongo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah produksi plastik. Kegiatan penentuan jumlah produksi ini perlu dilakukan oleh perusahaan, agar permintaan konsumen dapat terpenuhi. Permasalahan yang timbul di dunia sering kali mengandung ketidakpastian, logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis sistem yang mengandung ketidakpastian. Pada penelitian ini digunakan metode mamdani atau sering juga dikenal dengan metode Min-Max. Perancangan sistem untuk mendapatkan output dilakukan dalam tahap-tahap sebagai berikut: Pembentukan himpunan fuzzy, Aplikasi fungsi implikasi, Membentuk aturan-aturan, dan Penegasan (defuzzifikasi). Pada penelitian ini defuzzifikasi dilakukan dengan menggunakan metode centroid. Pada metode ini nilai defuzzifikasi bergerak secara halus, sehingga perubahan pada himpunan fuzzy juga akan bergerak dengan hal. Dari hasil penelitian yang telah di lakukan, dengan memasukkan variabel input pada bulan agustus 2007, yaitu jumlah permintaan sebesar 85.000 kg dan jumlah persediaan sebesar 49.900 kg menghasilkan output jumlah produksi sebesar 63.700 kg.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketidakpastian, jumlah produksi, logika fuzzy
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:57
Last Modified: 15 Feb 2012 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16837

Actions (login required)

View Item View Item