Perbedaan Sikap Terhadap Hubungan Seksual Pra Nikah dan Religiusitas pada Remaja yang Tinggal Dekat Lokalisasi dan yang Jauh dari Lokalisasi

FATMANINGSIH, FERASTRI (2007) Perbedaan Sikap Terhadap Hubungan Seksual Pra Nikah dan Religiusitas pada Remaja yang Tinggal Dekat Lokalisasi dan yang Jauh dari Lokalisasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)

Abstract

Pada masa remaja mengalami peningkatan hasrat seksual karena perkembanga n hormonal, sehingga membuat remaja berusaha mendekati lawan jenisnya dan memungkinkan timbulnya pergaulan yang menjerumus ke arah hubungan seksul.Gejala munculnya hubungan seksual pranikah tidak terlepas dari bagaimana sikap remaja terhadap hubungan seksual pranikah itu sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain religiusitas dan tingginya kebebasan seksual di lingkungan masyarakat..Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan sikap remaja terhadap hubungan seksual pranikah dan religiusitas yang tinggal di dekat lokalisasi dan yang jauh dari lokalisasi.Hipotesis pada penelitian ini yaitu adanya perbedaan sikap terhadap hubungan seksual pranikah dan religiusitas pada remaja yang tinggal dekat lokalisasi dengan yang jauh dari lokalisasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pourposive non random sampling. Alat pengumpul data penelitian adalah angket. populasi dalam penelitian ini adalah remaja Kelurahan Pringgokusuman dan Ngampilan Yogyakarta dengan mengambil sampel 40 orang untuk masing-masing lokasi. Berdasarkan hasil analisis t-test diperoleh nilai t sebesar 3,246 dengan p < 0,01 yang artinya ada perbedaan sikap yang sangat signifikan terhadap hubungan seksual pranikah pada remaja yang tinggal dekat lokalisasi dengan yang jauh dari lokalisasi. Nilai t religiusitas sebesar -3,379 dengan p < 0,01 yang artinya ada perbedaan yang sangat signifikan religiusitas pada remaja yang tinggal dekat lokalisasi dengan yang jauh dari lokalisasi.Sikap terhadap hubungan seksual pranikah remaja yang dekat lokalisasi ditunjukkan oleh nilai rerata hipotetik 102,5 dan rerata empirik 92,53 sedangkan remaja yang tinggal jauh dari lokalisasi mempunyai nilai hipotetik 102,5 dan rerata empirik 83,00. Religiusitas remaja yang jauh lokalisasi mempunyai nilai rerata hipotetik 92,5 rerata empirik 101,98 sedangkan remaja yang dekat lokalisasi mempunyai rerata hipotetik 92,5 dan rerata empirik 96,58.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hubungan seksual pranikah, religiusitas, lokalisasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Feb 2012 10:45
Last Modified: 09 Feb 2012 11:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16780

Actions (login required)

View Item View Item