Analisa Produktivitas Swalayan Dan Upaya Peningkatannya Dengan Pendakatan Metode Dea ( Data Envelopment analysis ) (Studi Kasus:Swalayan Lestari dan Sartika)

Utami, Rahmawati Budi (2007) Analisa Produktivitas Swalayan Dan Upaya Peningkatannya Dengan Pendakatan Metode Dea ( Data Envelopment analysis ) (Studi Kasus:Swalayan Lestari dan Sartika). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Bab_1.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab.II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab.III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab.IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab.V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

Swalayan adalah sebuah unit market yang bergerak dalam usaha penyaluran barang dari sektor produsen ke konsumen. Dewasa ini terdapat banyak perusahaan (swalayan) yang mengahasilkan barang untuk dipasarkan lagi yang mengakibatkan ketatnya persaingan yang harus dihadapi perusahaan (swalayan), maka peningkatan efisiensi perlu dilakukan tanpa mengorbankan kwalitas dalam konteks peningkatan produktivitas. Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengetahui level efisiensi dan produktivitas saat ini. Dalam penelitian ini ada sebuah skenario evaluasi produktivitas, yaitu evaluasi dialakukan dengan membandingkan periode 6 bulan di kedua swalayan. Skenario ini dijalankan dengan pendekatan output oriented DEA skenario melibatkan 1 variabel output dan 6 variabel input. Nilai efisiensi menunjukkan terdapat beberapa bulan dengan tingkat efisiensi yang relatif tinggi dibandingkan dengan bulan yang lain, bulan yang dimaksud adalah bulan Maret hingga Juni untuk Swalayan Lestari dan bulan Juni untuk Swalayan Lestari, bulan-bulan tersebut memiliki tingkat efisiensi 1. Sedangkan beberapa bulan yang lain yaitu bulan Januari hingga April untuk Swalayan Lestari dan bulan Januari dan Februari untuk Swalayan Sartika memiliki tingkat efisiensi 0.99, dan tingkat efisiensi paling rendah yaitu pada bulan Mei dengan tingkat efisiensi 0.93.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, efisiensi, decision making unit
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Feb 2012 10:15
Last Modified: 07 Feb 2012 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16723

Actions (login required)

View Item View Item