Analisis Pengaruh Shft Dan masa Kerja Operator Terhadap Kecacatan Produk Dengan Desain Eksperimen Faktorial (Studi Kasus di PT. Sari Warna Asli 2)

Cahyani, Rani Nur (2007) Analisis Pengaruh Shft Dan masa Kerja Operator Terhadap Kecacatan Produk Dengan Desain Eksperimen Faktorial (Studi Kasus di PT. Sari Warna Asli 2). Skripsi thesis, Universitas Muhammaadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
Bab_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab.II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab.III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab.IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab.V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf

Download (738kB)

Abstract

Faktor-faktor sistem kerja baik interaksi maupun sebagai faktor tunggal akan mempengaruhi hasil kerja yang diukur dengan kriteria kualitas produk yang dihasilkan. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor shift dan masa kerja operator yang mengharuskan karyawan kerja secara bergilir sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Hal ini bertujuan agar karyawan tidak mengalami kejenuhan dalam melaksanakan aktivitas dan agar karyawan dapat memberikan hasil yang optimal. Atas dasar permasalahan tersebut maka dalam penelitian ini ingin diteliti sejauh mana pengaruh shift dan masa kerja operator terhadap kecacatan produk pada proses warping di perusahaan PT. Sari Warna Asli 2. Dimana penyelesaian ini menggunakan metode desain eksperimen faktorial. Eksperimen faktorial adalah eksperimen yang semua taraf sebuah faktor tertentu dikombinasikan atau disilangkan dengan semua taraf tiap faktor lainnya yang ada dalam eksperimen. Pengolahan data ini menggunakan software Minitap 14 yang akan menghasilkan sebuah tabel ANAVA dimana akan menunjukkan output analisis desain eksperimen faktorial. Output diawali dengan keterangan mengenai faktor. Dibawahnya tabel Anova yang digunakan untuk mengetahui pengaruh tiap faktor atau interaksi antar faktor terhadap variabel respon (kecacatan produk). Dari hasil yang didapat melalui pengolahan data dengan menggunakan software Minitap 14 bahwa shift dan masa kerja operator mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecacatan produk. Shift dan masa kerja operator juga saling berinteraksi dalam mempengaruhi kecacatan produk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: shift kerja, masa kerja operator, kecacatan produk, Desain eksperimen faktorial.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Feb 2012 10:20
Last Modified: 21 Nov 2019 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item