Hubungan Pengetahuan Pembimbing Klinik Tentang Bimbingan Dengan Pelaksanaan Bimbingan Klinik Pada Mahasiswa Praktik Keperawatan Di Rsu Pandan Arang Boyolali

Aksono, Widi (2007) Hubungan Pengetahuan Pembimbing Klinik Tentang Bimbingan Dengan Pelaksanaan Bimbingan Klinik Pada Mahasiswa Praktik Keperawatan Di Rsu Pandan Arang Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)

Abstract

Latar Belakang: tenaga perawatan yang dihasilkan melalui pendidikan tinggi keperawatan diharapkan mampu menjadi perawat yang profesional dalam bidang keperawatan yang memiliki kompetensi, intelektual, interpersonal dalam masyarakat. Fenomena yang terjadi lulusan pendidikan keperawatan tidak percaya diri tidak siap masuk memasuki lapangan kerja dan penguasaan ketrampilan yang kurang. Fenomena yang terjadi dilahan praktik banyak pembimbing klinik kurang menguasai tehnik bimbingan, aspek teoritik yang kurang, kurang menguasai iptek dan pembimbing klinik yang ada belum dikelola secara maksimal. Banyak mahasiswa praktik mengutarakan, pembimbing yang ada tidak menyediakan waktu yang cukup melakukan bimbingan. Pembimbing klinik mengutarakan tidak ada informasi yang jelas tentang kompetensi praktik klinik mahasiswa bimbingannya. Dengan demikian peneliti ingin mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan pembimbing klinik dengan pelaksanaan bimbingan pada mahasiswa praktik klinik keperawatan di RSU Pandan Arang Boyolali Metode: Penelitian ini mengunakan desain studi deskriptif korelasi dengan pendekatan secara cross sectional. Jumlah sampel untuk variabel pengetahuan pembimbing klinik 55 orang pembimbing, diambil dengan tehnik total sampling, variabel pelaksanaan bimbingan 55 mahasiswa, diambil dengan tehnik purposive sampling. Mahasiswa menilai pelaksanaan bimbingan pada akhir stase dengan menggunakan kuisioner. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Kendall tau-b. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan pembimbing klinik di RSU Pandan Arang Boyolali dalam kategori sedang (67,3%). (2) Pelaksanaan bimbingan pada mahasiswa praktik keperawatan dalam katagori sedang (63,3%). (3) Ada hubungan antara pengetahuan pembimbing dengan pelaksanaan bimbingan. (4) Tidak ada hubungan antara karakteristik umur pembimbing dengan pelaksanaan bimbingan. (5) Tidak ada hubungan antara karakteristik masa kerja pembimbing dengan pelaksanaan bimbingan. (6) Tidak ada hubungan antara karakteristik pendidikan pembimbing dengan pelaksanaan bimbingan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pembimbing klinik, dan Pelaksanaan bimbingan praktik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2012 10:27
Last Modified: 26 Nov 2019 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16653

Actions (login required)

View Item View Item