Evaluasi Rencana Penerapan Total Productive Maintenance Untuk Meningkatkan Overall Equipment Effectiveness ( Oee ) Pada Cv Bima Jaya Makam Haji Sukoharjo

Handoko , Murjianto Tri (2007) Evaluasi Rencana Penerapan Total Productive Maintenance Untuk Meningkatkan Overall Equipment Effectiveness ( Oee ) Pada Cv Bima Jaya Makam Haji Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1_HANDOKO.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_HANDOKO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_111_HANDOKO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_HANDOKO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_handoko.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Total Productive Maintenance( TPM ) merupakan salah satu fungsi kegiatan yang paling penting dalam dukungan kesiapan operasi peralatan pabrik. Tanpa adanya perawatan, fasilitas yang bersangkutan akan mudah mengalami kerusakan secara bertahap ataupun tiba-tiba yang berakibat tidak lagi mempunyai kemampuan kerja, akibatnya akan merugikan perusahaan. Peralatan yang digunakan dalam perusahaan ini adalah sebagian besar menggunakan mesin bekas pakai sehingga untuk meningkakan produktifitas adalah dengan sistem TPM. Tujuan TPM adalah meningkatkan nilai Overall Equipment Effectiveness ( OEE ). Frekuensi perawatan pada suatu mesin sangat tergantung pada keadaan mesin tersebut. Jika keadaan mesin tersebut terjaga dengan baik, maka frekuensi perawatan pada mesin tersebut akan rendah / menurun dan berakibat pada Overall Equipment Effectiveness ( OEE ) yang baik. Pada penelitian ini akan dibahas tentang perawatan dan produktifitas produk. Jika keadaan mesin dapat diandalkan maka produktifitas produk juga akan meningkat. Adapun hasil perhitungan OEE yang telah dilakukan selama 6 bulan sebelum dilakukan TPM adalah : Januari 49,49 %, April 56,93 %, Juni 45,61 %, Agustus 37,13 %, September 10 % sehingga OEE-nya mebesar 38,27 %. Dari skenario peningkatan nilai OEE untuk peningkatan nilai OEE, hasil perhitungannya adalah : 3 bulan pertama : Tahap persiapan, 3 bulan kedua : 41,12 % , 3 bulan ketiga : 43,33 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TPM, OEE, evaluasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2012 10:04
Last Modified: 01 Feb 2012 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item