Usulan Perbaikan Sistem Pendistribusian Produk Dengan Strategi Manajemen Rantai Pasokan (Studi Kasus : Perusahaan Penerbitan Majalah Nikah, Sukoharjo)

MUTTAQIN , M.FARIS (2007) Usulan Perbaikan Sistem Pendistribusian Produk Dengan Strategi Manajemen Rantai Pasokan (Studi Kasus : Perusahaan Penerbitan Majalah Nikah, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (498kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Perkembangan yang pesat di bidang ilmu dan teknologi dewasa ini menuntut adanya kemampuan manusia dalam mempertimbangkan segala kemungkinan sebelum mengambil keputusan dan tindakan. CV.Nikah Media Samara merupakan salah satu perusahaan penerbitan Majalah Keluarga Islam, sebagai perusahaan penerbitan pasti akan dihadapkan pada permasalahan pendistribusian produknya, Manajemen rantai pasokan atau bisnis logistik, sebagai salahsatu cabang ilmu manajemen banyak membahas tentang bagaimana upaya perusahaan memposisikan pemasok-pemasoknya sebagai bagian dalam proses produksinya. Tingkat fluktuasi permintaan yang tidak terduga di setiap wilayah pemasaran mengakibatkan kelancaran arus pendistribusian menjadi terhambat, hal ini terkait erat dengan sistem rantai pasok di perusahaan penerbitan majalah Nikah. Angka dari kenaikan variabilitas disetiap wilayah menunjukan bahwa pendistribusian majalah Nikah tidak seimbang antara persediaan dengan permintaan, atau mengalami bullwhip effect terutama pada wilayah pendistribusian di Sumatra dengan dengan tingkat variabilitas sebesar 2.38. sedangkan wilayah yang bervariabilitas terendah adalah Sulalwesi sebesar 0.125. Untuk ketiga wilayah lainya yaitu Jawa, Kalimantan, Jayapura masing-masing relatif dinamis artinya nilai variabilitasnya tidak begitu berpengaruh terhadap kelancaran arus pendistribusian. Untuk mengatasi permasalahan diatas perusahaan melakukan perbaikan dengan menggunakan strategi Supply Chain Management / Manajemen Rantai Pasokan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Fluktuasi permintaan, bullwhip effect, Saluran sistem informasi distribusi, Manajemen Rantai Pasokan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 01 Feb 2012 09:55
Last Modified: 01 Feb 2012 11:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item