Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Kecemasan Anak Pre Sekolah yang Dirawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Sarila Husada Sragen

LUTHFI, ARIFAH (2007) Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Kecemasan Anak Pre Sekolah yang Dirawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Sarila Husada Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)

Abstract

Latar Belakang: Peran perawat dalam meminimalkan stres akibat hospitalisasi pada anak sangat penting. Pendekatan psikologis terhadap pasien yang mengalami distress hospitalisasi salah satunya dengan menggunakan model pendekatan asuhan keperawatan berupa terapi bermain. Bermain adalah penting untuk kesehatan mental, emosional dan sosial. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap kecemasan pada anak pre sekolah yang dirawat di instalasi rawat inap RS. Sarila Husada Sragen. Metode Penelitian: Jenis penelitian pre-eksperiman menggunakan rancangan penelitian static group comparison. Penelitian dilaksanakan dengan membagi dua kelompok sampel yaitu perlakuan (dengan terapi bermain) dan kontrol (tanpa terapi bermain). Sampel diambil sebanyak 20 pasien anak pra sekolah yang dirawat di Rumah Sakit Sarila Husada Sragen di ruang Anggrek dan Asoka. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kecemasan. Observasi kecemasan pada kelompok perlakuan dilakukan setelah 3 kali pemberian terapi bermain, sedangkan pada kelompok kontrol observasi dilakukan secara langsung tanpa pemberian terapi bermain dan observasi dilakukan 1 kali. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik parametris teknik bivariat yaitu dengan uji t independen (independent sample t- tes). Kesimpulan: (1) Tingkat kecemasan pada anak pre sekolah yang diberi terapi bermain mayoritas termasuk kategori cemas ringan (70%). (2) Tingkat kecemasan responden pada anak pre sekolah yang tidak diberi terapi bermain mayoritas termasuk kategori cemas berat (80%). (3) Tingkat kecemasan anak yang tidak diberi tindakan keperawatan berupa terapi bermain terlihat lebih tinggi daripada tingkat kecemasan anak yang diberi tindakan keperawatan terapi bermain. (4) Terapi bermain berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kecemasan anak usia pre sekolah. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis dengan uji t memperoleh nilai thitung sebesar 4,289 diterima pada taraf signifikasi 5% (p < 0,05). Kata kunci: terapi bermain, kecemasan anak pre sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi bermain, kecemasan anak pre sekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 31 Jan 2012 11:09
Last Modified: 31 Jan 2012 11:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16625

Actions (login required)

View Item View Item