Rancangan Peningkatan Kinerja Terhadap Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Pendekatan Quality Function Deploment. (Studi Kasus di Muhammadiyah Medical Center Universitas Muhammadiyah Surakarta, di jl. A. Yani Tromol pos-1 Pabelan Surakarta telp (0271) 717433, Surakarta 57102)

Lestanto, Tri (2007) Rancangan Peningkatan Kinerja Terhadap Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Pendekatan Quality Function Deploment. (Studi Kasus di Muhammadiyah Medical Center Universitas Muhammadiyah Surakarta, di jl. A. Yani Tromol pos-1 Pabelan Surakarta telp (0271) 717433, Surakarta 57102). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab.VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Semakin banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Semakin banyak pula bermuculan berbagai macam tempat yang menyediakan fasilitas jasa pelayanan kesehatan., Untuk menjamin kualitas pelayanan kesehatan, suatu lembaga pelayanan jasa kesehatan harus mampu secara terus menerus meningkatkan kepercayaan pelanggan, yaitu dengan jalan meningkatkan kualitas pelayanan jasa. Dengan menggunakan analisis QFD dapat diketahui atribut-atribut pelayanan jasa yang diinginkan pelanggan, tingkat kepentingan, kinerja Lembaga pelayanan jasa kesehatan, parameter teknik, kebutuhan proses dan prosedur kualitas. Dalam penelitian ini Pendekatan QFD diaplikasikan untuk menerjemahkan apa yang diinginkan oleh pelanggan ke dalam prosedur kualitas yang lebih terperinci, jelas, teknis dan operasional untuk diterapkan dalam strategi manajemen Lembaga pelayanan jasa kesehatan. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan 19 atribut pelayanan jasa yang diinginkan oleh pelanggan/siswa dan diterjemahkan ke dalam 10 parameter teknik dalam House of Quality (HOQ) tahap 1. Matrik HOQ tahap 2 menggambarkan bagaimana 10 parameter teknik tersebut dijabarkan menjadi 12 kebutuhan proses oleh manajemen Muhammadiyah Medical Center dan HOQ tahap 3 menerjemahkan 12 kebutuhan proses menjadi 13 prosedur kualitas beserta urutan prioritasnya. urutan prioritas prosedur kualitas inilah yang menjadi pedoman dalam pengembangan kualitas pelayanan jasa Lembaga pelayanan jasa kesehatan agar sesuai dengan harapan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: QFD, HOQ, Lembaga pelayanan jasa kesehatan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Jan 2012 11:09
Last Modified: 27 Jan 2012 11:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16606

Actions (login required)

View Item View Item