Penerapan Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Obat Dispensing (Studi Kasus : Apotek “Setyo Putro” Solo)

Wiliana, Ima Nur (2007) Penerapan Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Obat Dispensing (Studi Kasus : Apotek “Setyo Putro” Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (BAb.I)
02_BAB_I.PDF

Download (37kB)
[img] PDF (Bab.II)
03_BAB_II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab.III)
04_BAB_III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab.IV)
05_BAB_IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab.V)
06_BAB_V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (64kB)

Abstract

Persaingan sangat penting bagi keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Persaingan menentukan kegiatan yang perlu bagi perusahaan untuk berprestasi, berinovasi dan implementasi yang baik. Strategi bersaing dan pemasaran bertujuan membina posisi yang menguntungkan dan kuat dalam melawan kekuatan yang menentukan persaingan. Strategi pemasaran merupakan strategi yang penting baik bagi perusahaan besar, menengah, maupun kecil. Oleh karena itu penentuan strategi pemasaran yang tepat pada perusahaan dapat dijadikan suatu strategi untuk mempertahankan serta menarik konsumen lebih banyak dan dapat menentukan kebijakan yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang dipakai untuk memasarkan obat dispensing Penelitian ini dilakukan di apotek “Setyo Putro” jl. Gajahmada no 98 solo yang merupakan salah satu apotek yang melayani pembelian obat dispensing. Dimana dari pihak manajemen apotek “Setyo Putro” menyediakan produk atau barang dengan harga yang ditawarkan, fasilitas yang disediakan, serta pelayan yang diberikan agar konsumen dapat menikmatinya. Metode yang kami lakukan adalah dengan wawancara kepada pihak manajemen apotek “Setyo Putro”, menyebarkan kuesioner kepada para responden baik yang sudah menjadi pelanggan ataupun yang baru diberikan penawaran dan daftar pustaka. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi pemasaran. Analisis ini berdasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersama sehingga dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats ) pada perusahaan. Kekuatan (Strengths) yang dimiliki apotek “Setyo Putro” adalah tingkat harga yang murah, tingkat pelayanan yang baik, lokasi yang cukup strategis, serta cara pembayaran secara tempo, sedangkan kelemahannya (Weaknesses) antara lain variasi produk yang kurang lengkap dan kurang bervariatif, kurangnya promosi yan dilakukan, masih minimnya sumber daya yang dimiliki apotek “Setyo Putro”. Peluang yang dimiliki apotek “Setyo Putro” adalah kebutuhan konsumen yang semakin hari terus meningkat, tingkat frekuensi pembelian yang tinggi, semakin luas dan terbukanya pasar dagang, tingkat pendidikan konsumen yang tinggi, sedangkan Ancaman (Threats) dari luar adalah masih rendahnya tingkat pendapatan masyarakat, munculnya pesaing baru. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 40 responden, dari 40 responden 30 responden merupakan pelanggan, 10 responden merupakan outlet yang pernah diberikan penawaran obat dispensing oleh apotek “Setyo Putro” solo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Obat dispensing, Analisis SWOT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Jan 2012 10:41
Last Modified: 27 Jan 2012 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16604

Actions (login required)

View Item View Item