Perencanaan Penjadwalan Distribusi Produk Untuk Mendukung Rantai Pasokan Dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (Drp)

Suqron, Mohamad (2007) Perencanaan Penjadwalan Distribusi Produk Untuk Mendukung Rantai Pasokan Dengan Menggunakan Distribution Requirement Planning (Drp). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Untuk menciptakan pelayanan yang di inginkan koordinasi antara pihak-pihak supply chain sangat diperlukan kurangnya koordinasi sering kali menimbulkan kesalahan informasi yang salah satu akibatnya adalah variasi permintaan yang terjadi pada masing-masing konsumen, Adanya komposisi biaya-biaya untuk pemesanan dan persediaan yang tidak sama antar konsumen. Akibatnya informasi produk apa yang yang diperlukan, jumlah, siapa konsumen yang memesan dan kapan produk harus dikirimkan menjadi kurang tepat. Dampaknya rencana pemesanan bahan baku ke pemasok juga tidak terestimasi dengan baik Distribution Requiretment Planning (DRP) mengolah informasi untuk memperlancar dan mengatur pemasaran, sehingga dapat menyeimbangkan antara supply dan demand. Data-data yang diperlukan untuk perencanaan sistem distribusi antara lain data struktur jaringan pemasaran, data permintaan penjualan periode lalu, catatan persediaan dan waktu tenggang pengiriman. Tahap pertama dalam perencanaan sistem distribusi barang adalah peramalan dari data periode sebelumnya dari hasil peramalan dilakukan verifikasi data peramalan. Kedua menentukan perhitungan rencana induk penjualan yang didapat dari hasil parameter terpilih. Dari hasil perhitungan dengan Lot For Lot mempunyai total persediaan yang lebih rendah dibandingkan dengan EOQ, POQ dan Akumulasi. Dari hasil perbandingan metode Lot For Lot lebih sesuai untuk diterapkan pada PT. Lokatex Pekalongan dengan pertimbangan menghasilkan total biaya persediaan kecil. Dari hasil analisis sensitivitas maka yang paling berpengaruh terhadap total biaya persediaan adalah biaya simpan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DRP, Biaya, Persediaan, Ukuran lot
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Jan 2012 10:31
Last Modified: 27 Jan 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item