Penatalaksanaan Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS) dan William Flexi Exercise pada Kondisi Low Back Pain karena Spondylosis Lumbales di RSUP DR. Sardjito Yogyakarta

RAYAHANI , RAYAHANI (2007) Penatalaksanaan Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS) dan William Flexi Exercise pada Kondisi Low Back Pain karena Spondylosis Lumbales di RSUP DR. Sardjito Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_i.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] PDF (Ba III)
Bab_iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penatalaksanaan Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS) dan William Flexi Exercise Pada Kondisi Low Back Pain Karena Spondylosis Lumbales di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Di dalam pembuatan karya tulis ini dimaksudkan untuk memberikan informasi, pengetahuan dan pemahaman tentang low back pain atau nyeri punggung bawah pada daerah tulang-tulang Lumbal 1 sampai sacrum dan otot-otot sekitarnya, sehingga menyebabkan timbulnya problematika baik pada kapasitas fisik dan kemampuan fungsional. Dan modalitas yang diberikan adalah (TENS) Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation dan terapi latihan (William Flexi Exercise). Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah studi kasus. Untuk memberikan penanganan yang efektif dan efisien, maka dilakukan satu metode pemeriksaan nyeri dengan VAS (Verbal Analogue Scale) , keterbatasan gerak dengan midline, kekuatan otot dengan MMT (Manual Muscle testing) dan kemampuan fungsional dengan Skala Jette. Untuk mengatasi permasalahn di atas, dapat digunakan modaliotas berupa (TENS) Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation dan terapi latihan (William Flexi Exercise). Dari modalitas tersebut didapatkan hasil yang cukup berarti yaitu nyeri berkurang, spasme menurun, LGS (Lingkup gerak Sendi) bertambah/meningkat, kekuatan otot meningkat dan perbaikan kemampuan aktivitas fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penatalaksanaan Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation (TENS) dan William Flexi Exercise, Low Back Pain dan Spondylosis Lumbales.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jan 2012 10:28
Last Modified: 27 Jan 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16601

Actions (login required)

View Item View Item