Penatalaksanaan Terapi Latihan Pasca Operasi Fraktur Collum Femoris Sinistra dengan Pemasangan Austin Moore Prothese di RS. Orthopedi Surakarta

Rumini, Rumini (2007) Penatalaksanaan Terapi Latihan Pasca Operasi Fraktur Collum Femoris Sinistra dengan Pemasangan Austin Moore Prothese di RS. Orthopedi Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_i.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (28kB)

Abstract

Fractur collum femur pada lansia disebabkan oleh trauma ringan dan dipengaruhi oleh faktor ketuaan dan patologis. Dengan kemajuan teknologi dapat diselenggarakan replacement pada sendi panggul yaitu dengan pemasangan Austin Moore Prothese (AMP). Hal tersebut tidak akan mendapatkan hasil yang optimal dalam mengembalikan permasalahan fisik dan kemampuan fungsional tanpa penanganan fisioterapi yang baik. Tujuan dari penanganan fisioterapi yaitu: mencegah permasalahan paru-pari, mengurangi nyeri, mengurangi spasme otot tungkai kiri, mengurangi oedema, meningkatkan lingkup gerak sendi (LGS) panggul dan lutut tungkai kiri, meningkatkan kekuatan otot tungkai kiri dan meningkatkan aktivitas fungsional. Metode yang digunakan dalam penelitian karya tulis ilmiah adalah studi kasus dalam menangani permasalahan yang muncul. Modalitas fisioterapi yang digunakan breathing exercise dan terapi latihan (TL). Terapi latihan yang digunakan terdiri dari active movement untuk anggota tubuh yang sehat, passive movement, static contraction, assisted active movement, latihan duduk jongkok (half lying), latihan duduk ongkang-ongkang, strengthening quadriceps, hold relax, latihan berdiri dan latihan jalan. Setelah dilakukan intervensi selama 6 (enam) kali terapi dengan modalitas terapi tersebut diatas didapatkan hasil: nyeri berkurang, oedema berkurang, spasme berkurang, lingkup gerak sendi meningkat, kekuatan otot meningkat dan meningkatnya kemampuan fungsional.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fractur collum femur, Austin Moore Prothese, terapi latihan.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jan 2012 10:15
Last Modified: 27 Jan 2012 10:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16598

Actions (login required)

View Item View Item