Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Kinerja Publik Internal Terhadap Kepuasan Karyawan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata surakarta

SALASIH, DEBBY (2011) Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Kinerja Publik Internal Terhadap Kepuasan Karyawan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)

Abstract

Komunikasi dalam organisasi digunakan untuk memudahkan, melaksanakan dan melancarkan jalannya organisasi dengan memperlancar proes informasi. Komunikasi yang kurang baik dan kondisi kerja yang tidak mendukung, tidak ada kerjasama yang baik antara rekan sesama kerja, maka , kinerja karyawan menurun, sehingga karyawan akan semakin jauh dari kata puas dan betah bekerja di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi organisasi dan kinerja publik internal terhadap kepuasan karyawan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah selusuh karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta. Sampel diambil sebanyak 47 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji R2, dan uji t, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kepuasan karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta. Dari hasil uji t dapat diketahui bahwa komunikasi organisasi memiliki thitung > ttabel yaitu 2,655 > 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi komunikasi organisasi, maka semakin tinggi kepuasan karyawan. Sebaliknya semakin rendah komunikasi organisasi, maka semakin rendah pula kepuasan karyawan; (2) Kinerja publik internal berpengaruh terhadap kepuasan karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta. Dari hasil uji t dapat diketahui bahwa kinerja publik internal memiliki thitung > ttabel yaitu 5,373 > 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kinerja, maka semakin tinggi kepuasan karyawan. Sebaliknya semakin rendah kinerja, maka semakin rendah pula kepuasan karyawan; (3) Komunikasi organisasi dan kinerja publik internal secara bersama‐sama berpengaruh terhadap kepuasan karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surakarta. Dari hasil uraian pengujian hipotesis dengan analisis regresi diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (41,361 > 3,23) diterima pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK L100/2011-018
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Kinerja Publik Internal, Kepuasan Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2012 05:52
Last Modified: 18 Jan 2012 05:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16526

Actions (login required)

View Item View Item