Analisis Kesalahan Penggunaan EYD pada Karangan Eksposisi Siswa SMP Muhammadiyah 2 Simo Tahun Pelajaran 2007 / 2008

Purwani, Purwani (2011) Analisis Kesalahan Penggunaan EYD pada Karangan Eksposisi Siswa SMP Muhammadiyah 2 Simo Tahun Pelajaran 2007 / 2008. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Kemampuan menulis merupakan masalah yang harus diperhatikan oleh siswa, guru, dan seluruh masyarakat pengguna bahasa Indonesia. Karena tulisan yang baik dengan ketepatan penggunaan ejaan, akan tepat dan benar pula makna tulisan tersebut. Untuk mempertahankan kaidah-kaidah bahasa Indonesia agar tetap baik, tidak rusak bersama majunya jaman, maka sejak dini anak-anak Indonesia diwajibkan memahami ejaan dan menggunakan dengan baik dan benar dalam tulisannya. Karena tulisan yang baik mencerminkan kemampuan sang penulis untuk menulis dengan jelas dan memanfaatkan struktur kalimat atau kaidah-kaidah bahasanya, sehingga maknanya sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan penilitian ini untuk : 1) mengetahui kemampuan siswa SMP Muhammadiyah 2 Simo dalam menulis karangan eksposisi, 2) mengevaluasi kesalahan pemakaian huruf kapital, penulisan kata, bentuk ulang, dan pemakaian tanda baca pada karangan eksposisi siswa. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karangan eksposisi siswa kelas IX B SMP Muhammadiyah 2 Simo Tahun Pelajaran 2007/2008. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan latar (natural setting). Sumber data berupa kalimat-kalimat yang berhubungan dengan pemakaian huruf, kata-kata yang berhubungan dengan penulisannya dan kalimat-kalimat yang berhubungan dengan pemakaian tanda baca. Hasil penelitian dapat disampaikan bahwa ada kesalahan penulisan huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat ada 54 kesalahan, huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama judul karangan ada 33 kesalahan. penulisan kata yang tidak tepat ada 7 kesalahan, penulisan awalan yang tidak tepat ada 73 kesalahan, penulisan akhiran yang tidak tepat ada 5 kesalahan, penulisan kata ulang yang tidak tepat ada 8 kesalahan. Kesalahan penggunaan tanda baca titik yang dipakai pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan ada 50 kesalahan, tanda titik tidak dipakai pada akhir judul yang merupakan kepala ilustrasi, tabel, dan sebagainya ada 7 kesalahan, tanda hubung menyambung suku-suku kata dasar yang terpisah oleh pergantian baris ada 42 kesalahan, tanda hubung menyambung unsur-unsur kata ulang ada 23 kesalahan, tanda seru dipakai sesudah ungkapan atau pertanyaan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau pun rasa emosi yang kuat ada 80 kesalahan. Dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa siswa kurang memperhatikan pemakaian ejaan saat menulis dan mengarang dianggap pelajaran yang sulit. Sedangkan guru merasa kurang waktu untuk menerangkan secara menyeluruh tentang ejaan karena keterbatasan kurikulum saat ini.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK S200/2011-004
Uncontrolled Keywords: Menulis, eksposisi, dan ejaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2012 04:59
Last Modified: 20 Jan 2012 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16524

Actions (login required)

View Item View Item