Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen

Parman, Parman (2011) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Judul.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab VI)
bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (123kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pengelolaan pembelajaran Biologi berbasis Mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan khusus adalah (1) mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran biologi berbasis mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen tahun pelajaran 2010/2011; (2) mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen tahun pelajaran 2010/2011; (3) mendeskripsikan karakteristik evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran biologi berbasis mutu di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Ngrampal Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, metode pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran biologi berbasis mutu dibuat oleh guru dalam bentuk RPP yang pembuatannya diawasi oleh kepala sekolah. RPP memuat langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. RPP biologi berbasis mutu ditandai dengan perencanaan guru dalam menggunakan media pembelajaran multimedia dan metode pembelajaran berbasis PAIKEM. (2) Pelaksanan pembelajaran biologi berbasis mutu, diawali dengan kegaitan guru memberikan motivasi dan apersepsi. Proses pembelajaran dilakukan oleh guru dengan melalui tiga fase, yaitu fase eksplorasi, fase elaborasi, dan fase konfirmasi. Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman, elaborasi dilakukan oleh guru dengan mengorganisis materi pembelajaran, dan fase konfirmasi dilakukan oleh guru dengan mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki siswa melalui berbagai penugasan. (3) Evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran biologi berbasis mutu, dilakukan oleh guru dengan memberikan evaluasi prasyarat untuk mengetahui kemampuan afektif siswa, sedangkan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa guru melakukan evaluasi akhir dalam bentuk ulangan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK Q100/2011 - 32
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jan 2012 04:38
Last Modified: 18 Jan 2012 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16522

Actions (login required)

View Item View Item