PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 KLATEN

KHARISMA, DAMAI PUTRI (2008) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PROGRAM KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030101.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
A410030101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru dan sekolah dalam proses pembelajaran matematika Program Kelas Akselerasi, (2)Proses pelaksanaan pembelajaran matematika Program Kelas Akselerasi, (3)Evaluasi dalam pembelajaran matematika pada Program Kelas Akselerasi, (4)Pengawasan dalam pembelajaran matematika pada Program Kelas Akselerasi. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatifdengan metode alur yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1)Perencanaan pembelajaran matematika terdiri dari rincian minggu efektif, kalender pendidikan, serta untuk program tahunan, program semester, silabus pengembangan dan penilaian yang digunakan adalah program semester kelas reguler yang pelaksanaanya disesuaikan dengan kalender pendidikan program kelas akselerasi (2)Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu tahap membuka pelajaran, pengembangan dan penutup pelajaran, (3)Evaluasi mencakup pada 3 ranah yaitu ranah kognitif, ranah psikomotorik dan ranah afektif. Sistem penilaian pembelajaran program kelas akselerasi ada 3 hal yang dinilai : aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. Ketiga aspek tadi dirumuskan pada tiga kompetensi yaitu: pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah (analisis). Penilaian hasil belajar guru mengambil dari tugas-tugas, ulangan harian, PR dan ulangan semester. Penilaian proses pembelajaran guru mengambil dari kegiatan pembelajaran dikelas. Dengan melihat keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. (4)Supervisi proses pembelajaran dilakukan diluar kelas, tanpa ada kesepakatan dengan guru, Pemberian umpan balik dari hasil supervisi diberikan kepala sekolah untuk guru- guru, yaitu berupa bimbingan dan peyuluhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengawasan, akselerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 May 2009 08:48
Last Modified: 17 Nov 2010 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item