HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK MOBIL SUZUKI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DI DEALER SUMBER BARU MOBIL PURWOKERTO

RAICHATUL JANAH, MASLICHAH (2008) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK MOBIL SUZUKI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DI DEALER SUMBER BARU MOBIL PURWOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100040161.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK MOBIL SUZUKI DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN DI DEALER SUMBER BARU MOBIL PURWOKERTO Semakin banyak perusahaan otomotif yang beroprasi dengan berbagai produk yang ditawarkan membuat masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai dengan pilihan dan kebutuhannya, disinilah pentingnya merek. Citra merek tidak bisa dibangun di atas kebohongan informasi. Seorang konsumen dalam melakukan keputusan pembelian tidak dipungkiri jika selalu memperhatikan citra suatu merek dan kualitasnya, namun untuk mepertahankan dan meningkatkan citra suatu merek tidaklah mudah perlu usaha yang keras bagi setiap perusahaan. Apabila citra suatu merek itu sudah melekat pada benak seseorang makan akan sangat sulit untuk merubahnya Seperti halnya citra merek mobil Suzuki yang telah melekat dengan citranya sebagai mobil kompersil dimata masyarakat. Penelitian yang dilakukan kali ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek mobil Suzuki dengan keputusan pembelian pada konsumen di dealer Sumber Baru Mobil Purwokerto. Hipottesis yang diajukan addalah ada hubungan yang positif antara citra merek obil Suzuki dengan keputusan pembelian. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen di dealer Sumber Baru Mobil yang berada di daerah Purwokerto yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Incidental non random sampling. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala citra merek dan skala keputusan pebelian. Skala citra merek memiliki 30 aitem, dan memiliki MECM = 72,543 sedangkan MHCM = 70. Hal ini berarti bahwa tingkat citra merek dalam penelitian ini tergolong sedang. Skala keputusan pembelian terdiri dari 24 aitem, yang memiliki MEKP = 56,571 dan MHKP = 55. Hal ini berarti bahwa tingkat keputusan pembelian dalam penelitian ini tergolong sedang pula. Hasil analisis product moent menunjukan korelasi r = 0,393 dengan p<0,01, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek obil Suzuki dengan keputusan pembelian. Berdasarkan analisis data diketahui sumbangan efektif citra merek mobil Suzuki terhadap keputusan pembelian sebesar 15,4% yang ditunjukan oleh koefisien determinan (r2) = 0,154 hal ini berarti masih ada 84,6% variabel lain yang mepengaruhi keputusan pembelian seperti kebutuhan, pengalaman masa lalu, adanya inforasi, sikap dan gaya hidup. Hasil korelasi stepwise menunjukan bahwa aspek nama merek merupakan aspek yang dominant terhadap keputusan pembelian pada konsumen di dealer Sumber Baru Mobil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif yang sangat signifikan antara citra merek mobil Suzuki dengan keputusan pembelian. Semakin tinggi atau positif citra mere maka semakin tinggi pula keputusan pebelian pada konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CITRA MEREK MOBIL SUZUKI, KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 26 May 2009 08:41
Last Modified: 17 Nov 2010 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1651

Actions (login required)

View Item View Item