Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas XI IPA dan XI IPS Menjelang Ulangan Umum Di SMA Negeri 1 Sambungmacan Sragen

Suryani, Suryani (2011) Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas XI IPA dan XI IPS Menjelang Ulangan Umum Di SMA Negeri 1 Sambungmacan Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas XI jurusan IPA dan jurusan IPS memiliki pengalaman peristiwa kecemasan menjelang ulangan umum. Beberapa menyambutnya dengan gembira atau biasa saja. Disamping itu, ada yang menyambutnya dengan perasaan cemas. Kadang-kadang rasa cemas itu menjadi berlebihan dan merugikan sehingga timbul gangguan cemas. Dalam waktu menjelang ulangan umum merupakan periode yang penuh emosional bagi beberapa siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan pada siswa kelas XI IPA dan XI IPS menjelang ulangan umum di SMA Negeri 1 Sambungmacan Sragen. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik, sampel sebanyak 70 orang terdiri dari 35 siswa jurusan IPA dan 35 jurusan IPS. Penelitian ini menggunakan kueisioner TMAS untuk menentukan tingkat kecemasan yang terdiri dari 50 pertanyaan. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan uji statistik chi square. Hasil uji statistik dengan menggunakan program SPSS versi 16 diperoleh hasil chi square 5,851. Perbandingan persentase kecemasan siswa jurusan IPA yaitu 42,9%, sedangkan jurusan IPS 30%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa jurusan IPA memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi dibanding siswa jurusan IPS menjelang ulangan umum. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan pada siswa kelas XI jurusan IPA dan siswa kelas XI jurusan IPS menjelang ulangan umum di SMA Negeri 1 Sambungmacan Sragen, yaitu pada siswa jurusan IPA lebih cemas dibanding jurusan IPS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ulangan umum, jurusan IPA dan IPS, kecemasan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jan 2012 09:45
Last Modified: 16 Jan 2012 09:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item View Item