Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Bus Executive Ditinjau dari Aspek Ekonomis dan Tingkat Pelayanan (Studi Kasus Bus Executive PO. Rosalia Indah Jurusan Surakarta – Jakarta)

FATMARINI, NANIK (2007) Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Bus Executive Ditinjau dari Aspek Ekonomis dan Tingkat Pelayanan (Studi Kasus Bus Executive PO. Rosalia Indah Jurusan Surakarta – Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Cover.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaannya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa kinerja angkutan umum penumpang (bus) jurusan Surakarta-Jakarta khususnya bus Executive Rosalia Indah ditinjau dari aspek ekonomis dan tingkat pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Inferensial (meneliti keadaan obyek dengan memberikan kesimpulan). Adapun analisa kinerja yang ditinjau antara lain adalah kecepatan perjalanan, Load Factor, Headway, waktu sirkulasi, waktu henti, availability dan jumlah penumpang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh adalah jumlah penumpang naik pada setiap agen serta jumlah penumpang turun sampai Jakarta, time headway, waktu tempuh, jarak tempuh, waktu berhenti di terminal atau agen, jam berangkat dan jam tiba serta kapasitas angkutan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh adalah rute bus dan jadual pemberangkatan bus jurusan Surakarta – Jakarta, harga satuan komponen Biaya Operasi Kendaraan serta tarif dasar angkutan umum dari DLLAJ. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisis untuk mendapatkan parameter kelayakan tarif dan kinerja bus Executive tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja bus jurusan Surakarta – Jakarta khususnya bus Executive Rosalia Indah telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata sebesar 46,12 km/jam karena standar waktu minimum yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar 30 km/jam, waktu sirkulasi bus Executive Rosalia Indah sesuai hasil perhitungan sebesar 48,11 jam, load factor bus Executive Rosalia Indah sebesar 89,32%, apabila diukur berdasarkan standar yang ditetapkan sebesar 70% - 100% maka load factor bus Executive Rosalia Indah memenuhi standar, time headway bus Executive Rosalia Indah di lapangan sebesar 15 menit, BOK untuk bus Executive Rosalia Indah sebesar Rp 4711,47/km. Sedang tarif/penumpang di lapangan sebesar Rp 116.000,- tarif sesuai BOK sebesar Rp. 103.082,69. BCR (Benefit Cost Ratio) untuk Bus Executive PO. Rosalia Indah sebesar 1,24 dan NPV (Net Present Value) Rp 16.419.062,06. Dari hasil analisis tersebut, dapat dilihat bahwa kinerja bus Executive Rosalia Indah layak bila ditinjau dari aspek ekonomis perusahaan, karena dengan tarif tersebut pemilik Perusahaan Otobus masih mengalami keuntungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisa, Kinerja, Angkutan Umum, Biaya Operasional Kendaraan (BOK)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jan 2012 09:42
Last Modified: 12 Jan 2012 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16502

Actions (login required)

View Item View Item