HAMBATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN USAHA MENGATASINYA: STUDI TENTANG TAHFIZH AL-QUR'AN KELAS III MUTAWASSITHOH DI PONDOK PESANTREN IMAM BUKHORI NGANGKRUK SOLO TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007

BURJAN , BURJAN (2006) HAMBATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN USAHA MENGATASINYA: STUDI TENTANG TAHFIZH AL-QUR'AN KELAS III MUTAWASSITHOH DI PONDOK PESANTREN IMAM BUKHORI NGANGKRUK SOLO TAHUN PELAJARAN 2006 / 2007. Skripsi thesis, UMS.

[img]
Preview
PDF
halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
Bab_1.pdf

Download (108kB)
[img] PDF
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur'an adalah salah satu cara untuk menjaga kemurnian Al- Qur'an dengan mengetahui isi dan kandungan ayat demi ayat diharapkan santri/siswa akan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Ini semakin penting di masa sekarang di mana masyarakat semakin jarang mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an. Anggapan sebagian masyarakat bahwa menghafal Al-Qur'an adalah sesuatu yang sulit/melelahkan (tidak banyak mendatangkan materi), tidaklah menyurutkan tekad pesantren dan santri yang punya perhatian besar dalam bidang ini, terbukti dengan keberhasilan mencetak generasi muda Islam yang Qur'ani, yaitu generasi muda Islam yang mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pondok Pesantren Imam Bukhori Solo adalah salah satu pesantren yang menjadikan tahfizh Al-Qur'an sebagai program unggulan guna mencetak huffad Al-Qur'an yang berjiwa Qur'ani. Untuk mencapai tujuan tersebut Pondok Pesantren Imam Bukhori menggunakan metode-metode yang dapat menunjang keberhasilan santri dalam menghafal Al-Qur'an, diantaranya metode talaqi, metode ini dipandang praktis dan komunikatif karena santri dan kiai/ustadz berhadapan langsung. Selain itu pesantren juga menerapkan metode Mujahadah sebagai bekal bagi para santri agar di manapun berada senantiasa bersungguh- sungguh dalam menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan dan penerapan metode menghafal Al-qur'an dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Imam Bukhori Solo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan fenomenologi, dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dan analisis maka dapat disimpulkan bahwa materi yang diberikan kepada santri sudah sesuai dengan sistem yang diajarkan di pondok-pondok yang lain yang mengkhususkan pada pendidikan menghafal Al- Qur’an ditambah lagi dengan ilmu pendukung seperti tajwid, tahsin, dan lain-lain. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode talaqi, dimana santri dalam jangka waktu tertentu menghadap kiai/ustadz untuk mendemonstrasikan hafalannya. Agar tujuan yang telah dicanangkan dapat tercapai dengan baik, maka Pondok Pesantren Imam Bukhori perlu meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana serta meningkatkan kualitas kiai/ustadz dalam menggunakan metode yang telah ada maupun mencoba kemungkinan penerapan metode baru yang bisa menunjang keberhasilan santri di kemudian hari dalam menghafal Al-Qur'an.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alquran, menghafal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 09 Jan 2012 10:59
Last Modified: 09 Jan 2012 10:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item