pengaruh penambahan reflektor terhadap temperatur api yang dihasilkan pada kompor minyak tanah bertekanan dengan variasi bentuk reflektor kotak, bulat dan segitiga

SUKMAWAN, OKY NORLI (2007) pengaruh penambahan reflektor terhadap temperatur api yang dihasilkan pada kompor minyak tanah bertekanan dengan variasi bentuk reflektor kotak, bulat dan segitiga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab 5)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
Dapus.pdf

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (278kB)

Abstract

Pada saat ini kompor minyak tanah bertekanan masih banyak digunakan oleh para pedagang kecil khususnya pedagang makanan. Akan tetapi minyak tanah sebagai bahan bakar utama kompor kian hari harganya kian mahal, sehingga memberatkan para pedagang kecil. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya penambahan reflektor pada kompor minyak tanah bertekanan temperatur api yang dihasilkan bisa meningkat, sehingga penggunaan bahan bakar bisa dihemat karena waktu pembakarannya lebih cepat. Tahap-tahap penelitian yang pertama yaitu merangkai kompor minyak tanah bertekanan yang ada di pasaran, alat utama terdiri dari tangki, pipa kuningan dan burner, setelah itu dilakukan pengujian pada kompor minyak tanah bertekanan yang ada di pasaran (tanpa reflektor), dari pengujian ini akan didapatkan data berupa temperatur api yang dihasilkan, kemudian dilakukan pengujian pada kompor minyak tanah bertekanan dengan penambahan reflektor (bulat, kotak dan segitiga), dari pengujian ini juga akan didapatkan data berupa besarnya temperatur api yang dihasilkan. Kedua pengujian diatas dilakukan dengan volume minyak tanah tetap (1liter) dan dengan 3 variasi tekanan (0,1 MPa, 0,2 MPa dan 0,3 MPa). Dari hasil penelitian untuk kompor tanpa reflektor kondisi terbaik pada tekanan udara 0,1 MPa, menggunakan reflektor bulat pada tekanan udara 0,2 MPa, menggunakan reflektor kotak pada tekanan udara 0,1 MPa dan dengan menggunakan reflektor segitiga pada tekanan udara 0,3 MPa. Penambahan reflektor pada kompor minyak tanah bertekanan membuat temperatur api yang dihasilkan meningkat. Dari hasil perbandingan masingmasing kompor dengan kondisi terbaiknya didapatkan kompor yang terbaik dan paling optimal yaitu kompor dengan menggunakan reflektor bulat pada tekanan udara 0,2 MPa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan bakar, minyak tanah, reflektor, temperatur api
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 06 Jan 2012 10:40
Last Modified: 06 Jan 2012 10:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16484

Actions (login required)

View Item View Item