Efek perubahan arus terhadap dimensi celah dan kekasaran permukaan benda kerja dengan material baja dan elektroda kuningan pada proses edm (electrical discharge machining)

JATMIKO, PONCO (2007) Efek perubahan arus terhadap dimensi celah dan kekasaran permukaan benda kerja dengan material baja dan elektroda kuningan pada proses edm (electrical discharge machining). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Perkembangan di bidang ilmu material telah memungkinkan untuk melakukan proses permesinan terhadap material-material yang sulit di mesin seperti komposit dan keramik dengan cara tradisional dengan meggunakan metode spark machining pada proses electrical dischrage machining (EDM). EDM merupakan proses permesinan, dimana pahatnya berupa elektroda akan mengikis material benda kerja sesuai dengan bentuk pahatnya. Digunakan untuk membuat rongga cetakan yang memiliki kontur yang komplek dan kepresisian yang tinggi. Salah satu produk yang sering dikerjakan oleh mesin EDM adalah dies dan mould yang memiliki kekerasan yang tinggi. Peranan dies dan mould pada proses manufaktur seperti deep drawing, forging, pengecoran dan lain-lain sangat berpengaruh terutama pada kualitas ketepatan dimensi, kepresisian dan kekasaran permukaan dies. Untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas hasil produk sesuai yang diharapkan maka pengetahuan parameter salama proses permesisnan EDM haruslah baik. Suatu eksperimen yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh perubahan arus listrik terhadap kekasaran permukaan material dan dimensi celah antar material dan elektroda dilakukan untuk mengetahui karakteristik mesin EDM. Eksperimen akan dilakukan pada mesin EDM CHMER 75 MP dan bahan benda kerja berupa baja ST 37 yang sering digunakan sebagai bahan dies, elektroda yang digunakan kuningan (CuZn) dan fluida dielektrik adalah minyak tanah. Dalam pengujian ini analisa statistiknya untuk variable perubahan arus adalah 28,12A; 26,5A; 25A; 18,75A; 12,5A. Data yang diperoleh dianalisa statistik yang bertujuan untuk mengetahui perubahan arus terhadap dimensi celah dan kekasaran permukaan benda kerja sebagai akibat adanya loncatan bunga api listrik saat proses permesinan berlangsung. Hasil dari pengujian ini untuk arus 12,5 A dengan kekasaran rata-rata benda kerja 4,745 dan arus 28,12 A dengan kekasaran rata-rata benda kerja 9,12. Sedangkan untuk dimensi celah dengan arus 12,5 A didapat nilai celah dimensi panjang (SSh) 0,096 mm, nilai celah dimensi lebar (SSb) 0,073 mm, nilai celah frontal 0,203 mm dan untuk arus 28,12 A didapat nilai celah dimensi panjang (SSh) 0,21 mm, nilai celah dimensi lebar (SSb) 0,186 mm, nilai celah frontal 0,366 mm. Dari hasil penelitian tersebut maka didapat semakin besar arus listrik maka nilai kekasaran permukaan semakin besar dan nilai dimensi celah semakin besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: edm, dimensi celah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 06 Jan 2012 10:24
Last Modified: 06 Jan 2012 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16478

Actions (login required)

View Item View Item