Pengaruh Kompensasi Kerja Terhadap Kemampuan Profesional Pada Guru-guru SMA Negeri di Kota Surakarta

Munarso , Munarso (2011) Pengaruh Kompensasi Kerja Terhadap Kemampuan Profesional Pada Guru-guru SMA Negeri di Kota Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I..pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi kerja terhadap kemampuan profesional pada guru-guru SMA Negeri di Kota Surakarta serta pengaruh pendidikan, masa kerja dan kemampuan guru dalam Teknologi Informasi terhadap kemampuan profesional guru. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden sebagai sampel penelitian. Sedangkam pengambilan sampel dilakukan cara simple random sampling. Model analisis yang digunakan adalah uji korelasi regresi untuk mengetahui sejauh mana kontribusi antara kompensasi kerja sebagai variabel independen terhadap kemampuan profesional sebagai variabel dependen,dengan menganalisa variabel kontrol yakni pendidikan, masa kerja dan kemampuan guru dalam bidang teknologi informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompensasi kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan profesional yakni sebesar 11,4 %. Analisis terhadap variabel kontrol didapatkan bahwa variabel pendidikaan, masa kerja dan kemampuan TI menambah pengaruh kompensasi kerja terhadap kemampuan profesional menjadi 30,8 %. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa masing-masing variabel pendidikan, masa kerja, dan kemampuan profesional secara partial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kemampuan profesional. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Mengacu hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kompensasi kerja mempengaruhi kemampuan professional guru. Maka untuk meningkatkan kemampuan professional harus diimbangi dengan pemberian kompensasi kerja yang layak dan berkeadilan. Guru yang memiliki kemampuan profesional harus memilki pendidikan S-1 atau lebih, masa kerja yang cukup serta memiliki kemampuan dalam bidang TI. Untuk penelitian berikutnya perlu memperluas populasi dan daerah cakupan agar hasilnya dapat dijadikan generalisasi. Selain itu perlu menambah variabel lain yang diduga memilik kontribusi terhadap kemampuan profesional guru.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kompensasi kerja, pendidikan, masa kerja, kemampuan TI, mampuan professional, teknologi informasi, kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 11:04
Last Modified: 04 Jan 2012 14:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16447

Actions (login required)

View Item View Item