Pengembangan Kemandirian Melalui Metode Praktek Imajinatif Dalam Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Miri Sragen

INDARTO, TEGUH (2011) Pengembangan Kemandirian Melalui Metode Praktek Imajinatif Dalam Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendiskripsikan karakteristik pengembangan kemandirian dan karakteristik metode praktek imajinatif dalam pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini merupakan kondisi nyata yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan rancangan etnografi. Wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen digunakan dalam pengambilan data di lapangan. Pengambilan data melibatkan Kepala Sekolah, Waka. Kurikulum, Guru Mata Diklat Kewirausahaan, Guru Bimbingan Konseling, Ketua Pokja BKK, dan siswa. Langkah-langkah yang dilakukan adalah (1) orientasi untuk mengumpulkan data secara umum untuk diteliti lebih lanjut, (2) pengumpulan data secara lebih terarah, (3) penyajian data atau pemaparan data, (4) menyimpulkan hasil akhir penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperhatikan intensitas interaksi dengan responden dengan responden untuk menghidari biasnya data, memperpanjang waktu penelitian, menguji secara trianggulasi sertaberdiskusi dengan teman. Analisis mengunakan analisis tertata dalam situs serta menggunakan alur kegiatan interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Karakteristik Metode Praktek Imajinatif Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Miri Sragen adalah : (a) penyusunan proposal usaha, (b) menentukan kriteria proposal usaha, (c) memberikan kesempatan siswa untuk menyusun rancangan usaha, (d) kesempatan untuk tanya, jawab dan berdiskusi, (e) bimbingan dalam penyusunan proposal usaha, (f) memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreasi dan melakukan inovasi pada pekerjaannya, karakteristik Pengembangan kemandirian di SMK Negeri 1 Miri Sragen adalah : (a) menciptakan proses belajar mengajar yang demokratis, yang memungkinkan anak merasa dihargai, (b) mendorong anak untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan dalam berbagai tugas dan kegiatan sekolah, (c) memberi kebebasan kepada anak untuk mengekplorasi lingkungan, mendorong rasa ingin tahu mereka, (d) penerimaan positif tanpa syarat kelebihan dan kekurangan anak, tidak membeda-bedakan anak yang satu dengan yang lain, (e) menjalin hubungan yang harmonis, akrab, dengan anak, (f) menggali potensi siswa dan memberikan kesempatan untuk berkembang sesuai bakat dan minat mereka, melatih kerjasama tim.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: RAK Q100/2011 - 28
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kemandirian, Praktek, Imajinatif, kewirausahaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2012 10:32
Last Modified: 18 Jan 2012 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

View Item View Item