Hubungan Antara Kebiasaan Makan Pagi Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa SD Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo

PALUPI, ACTIVIYANA INDAH (2011) Hubungan Antara Kebiasaan Makan Pagi Dengan Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa SD Negeri Di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
Halaman_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Pendahuluan Melewatkan makan pagi akan menyebabkan tubuh kekurangan glukosa dan hal ini akan menyebabkan tubuh lemah dan kurang konsentrasi karena tidak ada suplai energi. Gula darah adalah sumber energi utama bagi otak, itulah sebabnya meninggalkan makan pagi bisa membuat tubuh menjadi lemas Tingkat kesegaran jasmani yang optimal tidak hanya diperoleh dengan melakukan olahraga yang teratur, istirahat yang cukup dan memelihara kesehatan saja, tetapi juga harus diimbangi dengan pemenuhan gizi yang terkandung di dalam makanan yang dikonsumsinya, hal ini akan mempengaruhi aktifitas fisik dan juga akan berpengaruh terhadap tingkat kesegaran jasmani. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan tingkat kesegaran jasmani pada siswa SD Negeri di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian: Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo pada bulan Juli 2011, sebesar 105 sampel. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Analisis hubungan menggunakan uji Chi-Square. Hasil Sebagian besar siswa tergolong memiliki kebiasaan makan pagi yaitu sebanyak 71 siswa (67,6%). Tingkat kesegaran jasmani siswa sebagian besar adalah sedang yaitu sebanyak 39 siswa (54,9%). Hasil uji statistik hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan tingkat kesegaran jasmani diperoleh nilai (p=0,281) yang nilainya p>0,05. Kesimpulan Berdasarkaan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kebiasaan makan pagi dengan tingkat kesegaran jasmani pada siswa SD Negeri di Kelurahan Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RAK J310/2011 - 34
Uncontrolled Keywords: Breakfast habit, level of physical fitness
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 09:47
Last Modified: 14 Sep 2022 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item View Item