Pengaruh Penambahan Tanah Gadong Terhadap Penurunan Konsolidasi dan Kuat Dukung Tanah Pada Tanah Lempung yang di Stabilitasi dengan Semen

Sulistio, Tedi Agung (2011) Pengaruh Penambahan Tanah Gadong Terhadap Penurunan Konsolidasi dan Kuat Dukung Tanah Pada Tanah Lempung yang di Stabilitasi dengan Semen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)

Abstract

Tanah di Desa Jono Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen sering bermasalah antara lain retak-retak, keras pada musim kemarau dan pada musim hujan tanah bersifat lembek, lengket daya dukungnya menjadi rendah, mengakibatkan jalan bergelombang, dan badan jalan menurun. Maka dalam penelitian ini akan dibahas sifat fisis dan sifat mekanis tanah antara lain nilai parameter konsolidasi dan nilai kuat tekan bebas Desa Jono, Tanon, Sragen. Metode penelitian melalui serangkaian pengujian, yaitu batas batas Atterberg, berat jenis (specific gravity), kadar air (water content), analisa saringan dan hydrometer (grain size analysis), standard Proctor, konsolidasi dan kuat tekan bebas apabila distabilisasi dengan semen persentase 5%, 10% dan tanah Gadong dengan persentase 0%, 2,5%, 5%, 10%, mengacu pada standar ASTM dan prosedur pengujian di Laboratorium Mekanika Tanah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian ini adalah klasifikasi tanah campuran berdasar sistem AASHTO, tanah Tanon termasuk ke dalam kelompok A-7-6, yakni tanah lempung kualitas tanah sedang sampai buruk. Sedang berdasar klasifikasi sistem USCS, tanah campuran termasuk kelompok CH yaitu tanah lempung anorganik plastisitas tinggi dan OH yaitu lempung organik plastisitas sedang sampai tinggi. Berdasar klasifikasi secara umum tidak terjadi perubahan signifikan. Penambahan semen dan tanah Gadong menurunkan kadar air, batas cair, batas susut, indeks plastis, Finer # 200, serta peningkatan nilai batas plastis, walaupun nilai itu masih dibawah nilai standar tanah yang baik. Nilai konsolidasi pada tanah Tanon, Coefficient of Consolidation (Cv) sebesar 0.0064 cm2/dtk, Compression indek (Cc) sebesar 0.2 cm, Setleement of Consolidation (Sc) sebesar 0.044 cm. Dari pengujian konsolidasi tanah campuran. Semakin besar persentase tanah Gadong nilai Cv cenderung turun. Nilai Cv terkecil pada campuran Semen 5% tanah Gadong 10%. Nilai Cc seiring penambahan tanah Gadong semakin naik, nilai Cc tertinggi pada penambahan Semen 10% tanah Gadong 10% sebesar 0.1810 cm. Nilai Sc seiring penambahan tanah Gadong semakin naik, nilai Sc tertinggi pada penambahan Semen 10% tanah Gadong 10% sebesar 0.0400 cm. Penambahan tanah Gadong tidak berpengaruh baik terhadap penurunan. Hasil uji kuat tekan bebas (Unconfined Compression Test) tanah Tanon sebesar 40 kN/m2. Dari hasil pengujian kuat tekan bebas tanah campuran penambahan semen 5% didapat jenis tanah lempung sangat kaku. Semakin besar penambahan tanah Gadong mengalami kenaikan sebesar 330 kN/m2 pada campuran Semen 5% tanah Gadong 10%. Untuk penambahan semen 10%, dengan penambahan tanah Gadong nilai kuat tekan bebas ( u q ) mengalami penurunan. Sehingga penambahan tanah Gadong dari hasil pengujian kuat tekan bebas tidak konsisten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK D100/2011 - 27
Uncontrolled Keywords: tanah, sifat fisis dan mekanis, konsolidasi, kuat tekan bebas (UCT)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 07:05
Last Modified: 13 Jan 2012 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16424

Actions (login required)

View Item View Item