Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar

YUSNIAWATI, IKA (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB___V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan sistem peredaran tata surya dan menyebutkan anggota penyusun tata surya pada siswa kelas VI SD Negeri 02 Tlobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menjelaskan sistem peredaran tata surya dan menyebutkan anggota penyusun tata surya, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah media interaktif animasi 3 dimensi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas VI SD 02 Tlobo yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang meliputi 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan kemampuan menjelaskan sistem peredaran tata surya dan menyebutkan anggota penyusun tata surya setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan media interaktif animasi 3 dimensi. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 54,91 dan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,15. Selain itu prosentase siswa yang memperoleh nilai diatas 61 mengalami peningkatan prosentase pada kondidi awal 35%, pada siklus I menjadi 65%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 87%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media, Interaktif Animasi 3 Dimensi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jan 2012 06:08
Last Modified: 04 Jan 2012 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16418

Actions (login required)

View Item View Item