Hubungan kemampuan hafalan al-qur'an dengan prestasi pelajaran matematika di kelas i mts al irsyad tengaran tahun pelajaran 2005/2006

Cahyono, Agung (2007) Hubungan kemampuan hafalan al-qur'an dengan prestasi pelajaran matematika di kelas i mts al irsyad tengaran tahun pelajaran 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Al-Qur'an adalah kitab suci Agama Islam yang Allah jamin isi dan keasliannya. Dengan adanya jaminan ini bukan berarti ummat Islam bisa tinggal diam dan membiarkan sunnatullah tersebut tanpa berusaha untuk menjaga keasliannya dari orang-orang jahil yang berusaha mengotori. Menghafal merupakan salah satu cara untuk melindungi keaslian Al-Qur'an. Dan matematika merupakan salah satu pelajaran umum yang menjadi momok bagi siswa. Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dipelajari dan lebih sulit dari pelajaran Agama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan hafalan Al-Qur'an siswa? Bagaimanakah prestasi pelajaran matematika siswa? Dan apakah ada hubungan antara keduanya? Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka mencari hubungan antara kemampuan Hafalan Al-Qur'an dengan prestasi pelajaran matematika. Adapun manfaatnya dibagi menjadi dua, secara teoritis dan secara praktis. Secara teoritis penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi para peneliti yang ingin meneliti lebih dalam tentang hubungan kemampuan hafalan Al-Qur'an dengan prestasi pelajaran matematika, dan secara praktis dapat menjadi bahan pemikiran dan bahan masukan bagi pendidik. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode dokumentasi, interview dan observasi. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi siswa dalam hafalan Al-Qur'an dan pelajaran matematika dan data mengenai pesantren Islam Al-Irsyad. Interview digunakan untuk mengumpulakan data tentang faktor-faktor pendukung prestasi. Adapun metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang letak geografis pesantren, keadaan gedung dan fasilitas yang ada. Sedangkan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan analisa statistik Korelasi Pearson. Yang mana dalam penghitungannya menggunakan cara manual dan memperkuat hasil digunakan pula program analisis komputer SPSS versi. 11. Penelitian menemukan nilai korelasi antara kemampuan hafalan Al-Qur'an dan prestasi pelajaran matematika adalah rxy = 0,199 dengan mengambil taraf signifikan sebesar 5% maka dari tabel distribusi r didapat nilai rt = 0,195 < rxy = 0,199, dengan taraf signifikan 1% diperoleh nilai rt = 0,254 > rxy = 0,199 . Artinya ada hubungan positif yang tidak signifikan antara kemampuan hafalan Al-Qur'an dengan prestasi pelajaran matematika. Hal itu dikarenakan rendahnya nilai korelasi antara dua variabel, sehingga korelasi dikatakan tidak signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan hafalan al-qur'an, prestasi pelajaran matematika, mts al irsyad
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 03 Jan 2012 10:30
Last Modified: 03 Mar 2012 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item