Nilai-Nilai Patriotisme dan Nasioanlisme yang Terkandung dalam Pembelajaran IPS Materi Sejarah Perkembangan ISlam di Indonesia (Studi Kasus di kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo)

YATNO, YATNO (2011) Nilai-Nilai Patriotisme dan Nasioanlisme yang Terkandung dalam Pembelajaran IPS Materi Sejarah Perkembangan ISlam di Indonesia (Studi Kasus di kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Materi pembelajaran sejarah perkembangan Islam di Indonesia kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar (2) Mengetahui cara guru menanamkan nilai patriotisme dan nasionalisme melalui materi sejarah perkembangan Islam di Indonesia, (3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menyampaikan nilai patriotisme dan nasionalisme yang terkandung dalam materi sejarah perkembangan Islam di Indonesia pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo kecamatan Kerjo dan upaya pemecahannya. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data terdiri atas informan, tempat ( peristiwa) dan dokumen. Teknik atau metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam (In-depth Interviewing) dengan menggunakan pertanyaan yang bersifat ”open-ended”, (2) Observasi langsung yang dilakukan dengan observasi berperan pasif, (3) Studi dokumentasi. Informan dipilih secara purposif sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Untuk menguji validitas data digunakan trianggulasi data, trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia sesuai dengan KTSP yang meliputi proses masuk dan berkembangnya Islam ke Indonesia, (2) Nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme yang terkandung dalam pembelajaran IPS secara implisit meliputi: semangat kejuangan, kepahlawanan, kepeloporan, mempertahankan kedaulatan kerajaan, (3) Cara guru menyampaikan nilai patriotisme dan nasionalisme pada siswa (4) Kendala yang dialami guru kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo dalam penyampaian materi tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: patriotisme dan nasionalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 08:50
Last Modified: 03 Jan 2012 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16409

Actions (login required)

View Item View Item