Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Metode Resitasi dengan Pemberian Tugas Terstruktur pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan(PTK Pada Siswa Kelas VIIA Semester Gasal SMP Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)

PRABOWO, SINGGIH (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Metode Resitasi dengan Pemberian Tugas Terstruktur pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan(PTK Pada Siswa Kelas VIIA Semester Gasal SMP Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN )
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3.BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (BAB II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BAB IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan setelah dilakukan pembelajaran melalui metode resitasi dengan pemberian tugas terstruktur. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Simo, Boyolali yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 13,9% dan setelah tindakan 52,8%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 33,3% dan setelah tindakan 83,3%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 19,4% dan setelah tindakan 47,2%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 30,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode resitasi dengan pemberian tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-055
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, resitasi, tugas terstruktur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 08:00
Last Modified: 11 Jan 2012 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item