Iklim Kelas Pembelajaran Matematika pada Sekolah Islam Terpadu Kelas X SMAIT Nur Hidayah Surakarta(Studi Etnografi di SMAIT Nur Hidayah Surakarta)

AMBARAWATI, MIKA (2011) Iklim Kelas Pembelajaran Matematika pada Sekolah Islam Terpadu Kelas X SMAIT Nur Hidayah Surakarta(Studi Etnografi di SMAIT Nur Hidayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
00.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
01.pdf

Download (507kB)
[img] PDF (BAB II)
02.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF (BAB III)
03.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] PDF (BAB IV)
04.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
05.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06.pdf

Download (324kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
07.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan iklim kelas pembelajaran matematika yang meliputi sosial kelas, fisikal kelas, kedisplinan kelas, dan sosio-emosianal kelas. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas X putri dan siswa kelas X putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) Sosial iklim kelas pembelajaran matematika antara lain terciptanya komunikasi yang komunikatif, kepuasaan pembelajaran, kompetisi, keutuhan dan kerjasama antara siswa dan guru. Dalam proses pembelajaran guru mengurangi kesulitan dan kejenuhan. (2) Fisikal iklim kelas pembelajaran matematika antara lain terciptanya kerapian, kebersihan, dan keamanan didalam kelas. Instalasi dan pencahayaan didalam kelas sangat mendukung pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika memiliki perlengkapan dan letak gedung sangat strategis. (3) kedisiplinan iklim kelas pembelajaran matematika antara lain terciptanya ketertiban, kesadaran akan peraturan, dan hukuman untuk pelanggaran. Guru memiliki pendekatan eksternal dan insternal untuk menyelasaikan masalah siswa. Pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi. (4) sosio-emosional iklim kelas matematika antara lain terjadi hubungan emosional, kesadaran emosional dan pengelolaan emosional antara siswa dan guru. Menciptakan sikap saling hormat-menghormati, keakraban, kekeluargaan, dan keadilan guru dalam perhatian dan penilaian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-056
Uncontrolled Keywords: Iklim kelas, Sosial kelas, Fisikal kelas, Kedisiplinan kelas, Sosio-emosional kelas, Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2012 07:46
Last Modified: 11 Jan 2012 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16405

Actions (login required)

View Item View Item