PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD N Kutoharjo V Rembang)

SARI, DWI PUSPITA (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD N Kutoharjo V Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030040.pdf

Download (295kB)
[img] PDF
A410030040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan problem posing, 2) Meningkatkan pemahaman konsep siswa pada kegiatan individu dalam proses pembelajaran matematika pokok bahasan pengukuran melalui pendekatan problem posing. Subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo V Rembang sejumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes setiap akhir siklus, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas IV SD. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan, yaitu: 1) keaktifan bertanya meningkat dari sebelum penelitian 16,67% menjadi 63,33% pada akhir siklus, 2) keaktifan menjawab pertanyaan dari 30% menjadi 76,67%, 3) keaktifan mengerjakan soal dan latihan ke depan kelas dari 20% menjadi 90%, dan 4) keaktifan mengerjakan PR dari sebelum tindakan 46,67% menjadi 100% pada akhir tindakan. Pemahaman konsep pengukuran siswa mengalami peningkatan, yaitu dari sebelum tindakan 46,67% menjadi 100% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan pengukuran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, problem posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 May 2009 08:08
Last Modified: 17 Nov 2010 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item