Pengaruh Jarak dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah Putri Cempo Surakarta dengan Kualitas Air Sumur Gali Secara Bakteriologis.

GUSASIH, DYAH AYU (2011) Pengaruh Jarak dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah Putri Cempo Surakarta dengan Kualitas Air Sumur Gali Secara Bakteriologis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover_depan.pdf

Download (109kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Air juga mempunyai peranan penting dalam menularkan penyakit-penyakit yang disebut “Water Borne Disease” seperti penyakit kolera, typoid fever, paratyphoid fever, disentri basiler, gastroenteritis, infantil diare dan leptospirosis. Meningkatnya penduduk Kota Surakarta setiap tahunnya berdampak pula pada peningkatan jumlah volume sampah. Tempat Pembuangan Akhir sampah Putri Cempo yang berada di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Surakarta, saat ini mempunyai input sampah yang telah melampaui kapasitasnya. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas air tanah yang masih digunakan sebagai sumber air yang dimanfaatkan masyarakat disekitar TPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sumur gali secara bakteriologis serta mencari ada tidaknya pengaruh jarak dari Tempat Pembuangan Akhir sampah Putri Cempo Surakarta dengan kualitas air sumur gali secara bakteriologis dengan Coliform sebagai indikator dengan menggunakan metode MPN (Most Probable Number). Sampel adalah 6 air sumur gali yang dekat ( 200 meter) dan 6 air sumur gali yang jauh (≥ 200 meter) dari Tempat Pembuangan Akhir sampah Putri Cempo Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan dimana hanya 1 dari 6 sampel air sumur gali yang berjarak dekat dari TPA memenuhi syarat kualitas air sumur gali secara bakteriologis. Tidak melebihi batas maksimum yang diperbolehkan sesuai dengan Permenkes No:416/Menkes/Per /IX/1990 (sebesar 50 /100 ml contoh air untuk air non perpipaan), sedangkan 6 sampel air sumur gali yang berjarak jauh dari TPA kesemuanya menunjukkan hasil terdapat kontaminasi oleh bakteri Coliform. Uji analisis statistik menggunakan Mann-Whitney diperoleh nilai p = 0,194. Berarti tidak signifikan (tidak ada perbedaan bermakna). Jadi jarak dari TPA sampah Putri cempo Surakarta tidak mempengaruhi kualitas air sumur gali secara bakteriologis. Air sumur gali yang dekat dengan TPA belum tentu memiliki jumlah bakteri Coliform yang lebih banyak daripada air sumur gali yang jauh dari TPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jarak, TPA Putri Cempo, kualitas air sumur gali, bakteriologis, Permenkes No:416/Menkes/Per /IX/1990
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Dec 2011 07:44
Last Modified: 28 Dec 2011 07:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item View Item