Perbedaan Kapasitas Vital Paksa (KVP) Antara Laki-Laki Perokok Dan Bukan Perokok Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

HARTONO, DEDIK (2011) Perbedaan Kapasitas Vital Paksa (KVP) Antara Laki-Laki Perokok Dan Bukan Perokok Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini diperkirakan ada sekitar 1,3 milyar orang perokok di dunia. Jumlah kematian akibat konsumsi rokok adalah lima juta orang setiap tahun. Indikasi penggunaan spirometri adalah untuk menentukan kekuatan dan fungsi dada, mendeteksi berbagai penyakit saluran pernapasan terutama akibat pencemaran lingkungan dan asap rokok. Salah satu parameter yang digunakan untuk menentukan fungsi paru adalah Kapasitas Vital Paksa (KVP). Desain penelitian menggunakan metode penelitian analitik observasional (non- experiment) dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2011 bertempat di Laboratorium Biomedik I Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel laki-laki perokok dan bukan perokok usia 15-44 tahun. Besar sampel minimal masing-masing kelompok sebanyak 18 subjek. Teknik pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling (pengambilan sampel secara kelompok atau gugus). Perbedaan KVP antara perokok dan bukan perokok dianalisis dengan uji t dua kelompok tidak berpasangan dengan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai KVP perokok lebih rendah (2.722,86 ml) dibandingkan bukan perokok (3.528,57 ml). Hasil uji t dua kelompok tidak berpasangan menunjukkan significancy 0,000 (p = 0,000). Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan nilai Kapasitas Vital Paksa (KVP) yang bermakna (p < 0,05) antara laki- laki perokok dan bukan perokok di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paksa (KVP), perokok, uji t dua kelompok tidak berpasangan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Dec 2011 10:10
Last Modified: 27 Dec 2011 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16346

Actions (login required)

View Item View Item