Peningkatan Minat Dan Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali

Sudarmi,, Sri (2011) Peningkatan Minat Dan Keterampilan Menulis Teks Pidato Siswa dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Halaman_Depan.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
9__Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis siswa dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengambil lokasi di kelas IXD SMP Negeri 1 Banyudono kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Rencana Pembelajaran setiap siklus disusun oleh guru dan peneliti. Setiap tahap terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan siklus berikutnya. Peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas IXD dalam menerapkan metode kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXD dan Guru Bahasa Indonesia kelas IXD. Data yang dikumpulkan berupa minat dan keterampilan menulis siswa kelas IXD. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah angket, pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan tes. Uji Validitas data dalam penelitian ini dengan triangulasi dan review informan kunci. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan minat siswa dalam menulis teks pidato di SMP Negeri 1 Banyudono, Kabupaten Boyolali. Setelah pelaksanaan PTK keaktifan siswa selama pembelajaran menulis teks pidato meningkat, dari 45% menjadi 80 %. Siswa yang terlibat aktif dalam kelompok naik dari 55% menjadi 87,5%. Kerja sama dan kekompakan siswa dalam tim atau kelompok naik dari 50% menjadi 90%. Siswa yang mengerjakan tugas menulis teks pidato dengan serius dan sungguh-sungguh naik dari 45% menjadi 85%. Kedua, Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks pidato di SMP Negeri 1 Banyudono, Kabupaten Boyolali. Setelah pelaksanaan PTK, nilai tertinggi yang dicapai siswa mengalami peningkatan dari 75 menjadi 80, sedangkan nilai terendah berubah dari 59 menjadi 66. Nilai rata-rata kelas (mean) mengalami peningkatan dari 67 menjadi 74. Siswa yang memperoleh angka KKM ke atas meningkat dari 18 orang, menjadi 35 siswa. Dengan demikian, ketuntasan belajar secara klasikal meningkat, dari 45% menjadi 87,5%. Kenyataan tersebut membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks pidato, karena dengan memberdayakannya sebagai pendekatan pembelajaran, hasil belajar Siswa Kelas IXD SMP Negeri 1 Banyudono meningkat secara signifikan baik secara individual maupun klasikal sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Minat, Keterampilan Menulis, Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Dec 2011 09:51
Last Modified: 27 Dec 2011 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item