Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Keteraturan Terapi Rumatan Metadon di Klinik Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Puskesmas Manahan Surakarta

Timoer, Seindy Arya Kusuma (2011) Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Keteraturan Terapi Rumatan Metadon di Klinik Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Puskesmas Manahan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (508kB)
[img] PDF (Bab 1)
03_BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAPUS.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) merupakan salah satu program pengurangan dampak buruk dari penularan narkoba suntik (Harm reduction) menggunakan terapi subtitusi dengan metadon dalam sediaan cair dengan cara diminum yang menimbulkan efek antiterapetik berupa perasaan tidak nyaman seperti kecemasan dan perasaan bersalah. Kecemasan juga berarti ketegangan, rasa tidak aman, dan kekuatiran yang timbul karena dirasakan akan terjadinya suatu yang tidak menyenangkan, tetapi sumbernya sebagian besar tidak diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara tingkat kecemasan dengan keteraturan terapi rumatan metadon di klinik Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM) Puskesmas Manahan Surakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian berjumlah tiga puluh empat orang. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji analisis data yaitu uji beda Chi-Square. Jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini adalah 34 orang pasien yang terdiri dari 17 orang pasien teratur dan 17 orang pasien tidak teratur dalam terapi. Dari jumlah tersebut responden yang mengalami kecemasan tetapi teratur dalam terapi sebanyak 6 orang, responden yang mengalami kecemasan tetapi tidak teratur dalam terapi sebanyak 12 orang, responden yang tidak mengalami kecemasan tetapi teratur dalam terapi sebanyak 11 orang, responden yang tidak mengalami kecemasan tetapi tidak teratur dalam terapi sebanyak 5 orang. Hasil uji beda Chi-Square didapatkan koefisien Contingency sebesar 0,333 dengan signifikansinya sebesar 0,039 dan diperoleh Chi-Square hitung sebesar 4.25 dan Chi-Square tabelnya sebesar 3.84. Oleh karena Chi-Square hitung > Chi- Square tabel (4.25>3.84), maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang lemah antara tingkat kecemasan dengan keteraturan terapi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011 - 21
Uncontrolled Keywords: Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM), Kecemasan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Dec 2011 09:39
Last Modified: 17 Jan 2012 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16340

Actions (login required)

View Item View Item