HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR YAMAHA

ASTUTI, HAYATI PUJI (2008) HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR YAMAHA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Merek yang prestisius memiliki ekuitas merek yang kuat. Semakin kuatnya ekuitas merek dari suatu produk dapat pula menjadi daya tarik dimata konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut yang selanjutnya dapat menggiring konsumen untuk melakukan pembelian serta mengantarkan perusahaan untuk meraup keuntungan dari waktu ke waktu. Yamaha merupakan merek yang banyak dikenal dibenak konsumen karena merek ini memiliki ekuitas merek yang tinggi dibanding dengan produk lainnya. Merek yang tertanam pada produk sepeda motor Yamaha memiliki landasan merek yang kuat sehingga mampu bersaing dijajaran pertama pada peringkat kategori sepeda motor di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan dunia otomotif saat ini terutama dengan munculnya beragam kompetitor seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, dan lain-lain yang seakan-akan berlomba-lomba menciptakan inovasi baru, model dan desain terus diuji cobakan dan dikembangkan sesuai dengan selera konsumen, membuat sepeda motor Yamaha harus senantiasa melakukan terobosan guna menjaga agar tetap mampu bersaing dijajaran pertama peringkat kategori sepeda motor di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara brand equity dengan keputusan membeli speda motor Yamaha. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara ekuitas merek dengan keputusan membeli sepeda motor Yamaha. Semakin tinggi ekuitas merek semakin tinggi pula keputusan membeli sepeda motor Yamaha. Penelitian ini mengambil populasi di daerah Yogyakarta. Teknik analisis yang digunakan dalam memperoleh sample adalah Incidental non random sampling. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson diperoleh nilai (r) sebesar 0,530 dengan p<0,01. Ekuitas merek mempunyai rerata empirik sebesar 97,657 dan rerata hipotetik sebesar 82,5 sehingga ekuitas merek pada subjek penelitian tergolong tinggi. Sedangkan keputusan membeli diketahui rerata empirik sebesar 97,529 dan rerata hipotetik sebesar 82,5 sehingga keputusan membeli pada konsumen sepeda motor Yamaha tergolong tinggi. Sumbangan efektif variabel ekuitas merek dengan keputusan membeli sebesar 28 % terhadap keputusan membeli yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2)= 0,280. Hasil korelasi stepwise menunjukkan bahwa aspek kesadaran merek merupakan aspek yang paling dominan terhadap keputusan membeli sepeda motor Yamaha. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara ekuitas merek dengan keputusan membeli sepeda motor Yamaha. Semakin tinggi atau positif ekuitas merek maka semakin tinggi pula keputusan membeli sepeda motor Yamaha.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EKUITAS MEREK, KEPUTUSAN MEMBELI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 26 May 2009 07:47
Last Modified: 19 Nov 2010 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1634

Actions (login required)

View Item View Item