Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Problem Solving dan Strategi Pembelajaran CTL dalam Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar

Sudarto, Sudarto (2011) Perbedaan Penggunaan Strategi Pembelajaran Problem Solving dan Strategi Pembelajaran CTL dalam Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan penggunaan strategi pembelajaran problem solving dengan CTL terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal komparatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian multimedia SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar, yang berjumlah 228 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI berjumlah 120 siswa terdiri dari 40 siswa kelas XI/10, 40 siswa kelas XI/11 dan 40 siswa kelas XI/12. Siswa kelas XII berjumlah 108 siswa, terdiri dari 35 siswa kelas XII/10, 36 siswa kelas XII/11 dan 37 siswa kelas XII/12). Sampel yang digunakan adalah kelas XI/11 program keahlian multimedia berjumlah 40 siswa untuk uji coba, kelas XI/10 program keahlian multimedia berjumlah 40 siswa untuk eksperimen, dan kelas XI/11 program keahlian multimedia berjumlah 40 siswa untuk kelas dengan pembelajaran probelm solving, dan kelas XI/12 digunakan untuk kelas dengan pembelajaran CTL. Teknik random sampling adalah pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak. Teknik analisis data menggunakan Anava 1 Jalan (One Way Analysis of Variance). Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan penggunaan strategi pembelajaran problem solving dengan strategi pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar yang ditunjukkan dengan besarnya nilai sig adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkkan bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa ”Terdapat perbedaan antara strategi pembelajaran problem solving dengan CTL terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian multimedia di SMK Negeri 1 Kabupaten Karanganyar” terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Dec 2011 07:14
Last Modified: 27 Dec 2011 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16335

Actions (login required)

View Item View Item