Pengelolaan Pembelajaran MIPA Bilingual bagi siswa di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Situs di SMP Negeri 2 Purwokerto)

Widodo, Widodo (2011) Pengelolaan Pembelajaran MIPA Bilingual bagi siswa di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Situs di SMP Negeri 2 Purwokerto). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._hal_depan.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Pendahuluan.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Landasan_Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Metode_Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Paparan_dan_Temuan_Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Pembahasan_dan_Teori_Hasil_Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik kegiatan guru untuk mempersiapkan pembelajaran MIPA Bilingual dan pemanfaatan ICT di dalamnya; (2) Mendeskripsikan karakteristik interaksi pembelajaran MIPA Bilingual dan pemanfaatan ICT di dalamnya; (3) Mendeskripsikan karakteristik kegiatan penilaian hasil pembelajaran MIPA Bilingual dan pemanfaatan ICT di dalamnya; (4) Mendeskripsikan karakteristik pembinaan kepada peserta didik yang gagal pada pembelajaran MIPA Bilingual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti berusaha untuk mengetahui dan mengungkapkan secara jelas tujuan penelitian ini dari sudut pandang para pelaku atau subyek yang diteliti, sehingga penelitian kualitatif yang dilaksanakan berorientasi pada pendekatan etnografi. Nara sumber dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengajar bidang studi MIPA dan peserta didik yang mengikuti kegiatan pembelajaran MIPA Bilingual. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu dengan melakukan wawancara, pengamatan langsung dan tak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik pengelolaan pembelajaran MIPA Bilingual terdiri dari (a) Menyusun Perencanaan Pembelajaran yang meliputi kaldik, rincian minggu efektif, SK dan KD, program semester, silabus, Lesson Plan, dan student’s worksheet. Silabus, Lesson Plan, dan student’s worksheet disusun dalam bahasa Inggris dan yang lain dalam Bahasa Indonesia. (b) Melakukan Interaksi Pembelajaran dengan pengantar Bahasa Inggris, kecuali peserta didik menanyakan hal yang belum tahu artinya. (c) Penilaian Hasil pembelajaran dilakukan dengan tes dan non tes. Penilaian non tes berupa kuis, tugas dan portofolio. (d) Melakukan analisis sebagai tindak lanjut hasil penilaian. Dalam menyusun perangkat pembelajaran telah memanfaatkan komputer (Berbasis ICT); (2) pelaksanaan pembelajaran MIPA tiap pertemuan terbagi dalam tiga tahap yaitu opening, main activity dan closing; pada kegiatan ini secara umum memanfaatkan ICT. (3) Penilaian hasil pembelajaran MIPA dilakukan dalam dua bentuk yaitu tes dan non tes. Penilaian non tes dapat berupa kuis, laporan praktikum, penugasan terstruktur, penugasan tak terstruktur, dan portofolio. Penilain tes berupa ulangan harian ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ujian nasional. Penilaian ulangan harian dan tengah semester dilakukan oleh pendidik, penilaian akhir semester dilakukan oleh pemerintah. (4) Tindak lanjut penilaian menghasilkan informasi tentang: (a) ketuntasan peserta didik, (b) peringkat peserta didik, (c) pemberitahuan lanjutan berupa pembelajaran remedial atau remedial tes.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran MIPA Bilingual, ICT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2011 04:14
Last Modified: 24 Dec 2011 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16309

Actions (login required)

View Item View Item