Pendidikan Islam Berbasis Demokrasi Ajaran KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) (Studi Situs di MTs Negeri Gembong Kabupaten Pati)

MAHFUD, AGUS (2011) Pendidikan Islam Berbasis Demokrasi Ajaran KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) (Studi Situs di MTs Negeri Gembong Kabupaten Pati). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
TESIS_(HALAMAN_DEPAN).pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pendidikan Islam berbasis demokrasi ajaran KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur) studi situs di Madrasah Tsanawiyah Negeri GembongKabupaten Pati. Fokus dalam penelitian ini adalah; 1)Bagaimana karakteristik konsep pendidikan Islam di MTs. Negeri Gembong Pati, 2) Bagaimana penerapan ajaran KH Abdurrahman Wahid di MTs. Negeri Gembong Pati, dan 3) Bagaimana kontribusi ajaran KH Abdurrahman Wahid terhadap pendidikan Islam berbasis demokrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gembong Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian etnografi. Pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru yang lain dan siswa. Juga diperoleh dari kegiatan sekolah, dan berbagai dokumen yang terkait dengan fokus penelitian. Hasil temuan dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, inti pendidikan Islam adalah berangkat dari agama Islam itu sendiri,yakni tujuannya adalah untuk membentuk manusia yang sempurna. Kedua ajaran KH.Abdurrahwan Wahid tentang pendidikan Islam berbasis demokrasi nampak dari gagasannya untuk mengubah visi dan misi pesantren yang modern dan egaliter. Ketiga implementasi ajaran KH Abdurrahman tentang pendidikan Islam berbasis demokrasi benar-benar diterapkan di MTs Negeri Gembong karena merupakan bagian dari pengelolaan madrasah dalam perencanaan kurikulum. Oleh sebab itu sekolah harus memiliki struktur organisasi sekolah/madrasah yang tidak hanya melibatkan guru tapi juga seluruh elemen sekolah, termasuk orang tua atau komite, wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua, dan juga instansi lain yang kompeten dalam dunia pendidikan. Berdasarkan penelitian ini, peneliti mengajukan dua rekomendasi. Pertama, pendidikan Islam harus bersumber dari ajaran agama islam itu sendiri dan tujuannya untuk menjadikan manusia sempurna. Kedua, dalam penyelenggaraan pendidikan hendaknya saling menghormati saling menghargai satu sama yang lain. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Ajaran KH. Abdurrahman Wahid, Pendidikan Islam berbasis demokrasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Ajaran KH. Abdurrahman Wahid, Pendidikan Islam berbasis demokrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 23 Dec 2011 09:46
Last Modified: 23 Dec 2011 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16295

Actions (login required)

View Item View Item