Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Suntik DMPA dengan Kejadian Metroragia pada Akseptor KB Suntik diPuskesmas Kartasuro Kabupaten Sukoharjo

Fitriyah, Atikah (2011) Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Suntik DMPA dengan Kejadian Metroragia pada Akseptor KB Suntik diPuskesmas Kartasuro Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)

Abstract

Latar Belakang : Keluhan terbanyak para pemakai KB suntik Depo Medroksi Progesteron Asetat (DMPA) adalah gangguan perdarahan, baik berupa perdarahan bercak atau haid tidak teratur dan amenorea, dimana metroragia merupakan keluhan terbanyak, yang akan menurun dengan makin lama penggunaannya. Tujuan : Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA dengan kejadian Metroragia pada Akseptor KB suntik DMPA di Puskesmas Kartasuro Kabupaten Sukoharjo. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Tehnik sampel dilakukan dengan cara purposive sampling pada 60 responden pengguna KB suntik DMPA dengan jumlah sampel masing-masing sebanyak 30 orang kelompok pengguna > 3 bulan dan ≤ 1 tahun dan 30 orang kelompok pengguna > 1 tahun. Pengambilan data dilakukan di Puskesmas Kartasuro Kabupaten Sukoharjo dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner. Uji statistik untuk mengetahui signifikansi hubungan lama penggunaan kontrasepsi suntik DMPA dengan kejadian metroragia digunakan uji Chi square dengan α=0,05. Hasil : Didapatkan 21 kejadian metroragia pada pengguna KB suntik DMPA selama ≤ 1 tahun dan > 3 bulan dan 13 kejadian metroragia pada pengguna KB suntik DMPA selama > 1 tahun. Dari analisis Chi Square didapatkan x2 hitung = 4,344, x2 tabel = 3,841, dengan α=0,05. Jadi x2 hitung > x2 tabel dan p < 0,05. Kesimpulan : Terdapat hubungan lama penggunaan KB suntik DMPA dengan kejadian metroragia pada Akseptor KB suntik DMPA di Puskesmas Kartasuro Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK J500/2011 - 20
Uncontrolled Keywords: Lama Penggunaan DMPA, Metroragia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Dec 2011 10:00
Last Modified: 17 Jan 2012 08:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item