Pengelolaan Bimbingan Belajar Pada Anak Ekonomi Lemah Studi Kasus Pada Bimbingan Belajar “PRESTASI” di Kebakkramat Karanganyar

Yuliani, Nanik (2011) Pengelolaan Bimbingan Belajar Pada Anak Ekonomi Lemah Studi Kasus Pada Bimbingan Belajar “PRESTASI” di Kebakkramat Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)

Abstract

Bimbingan belajar atau sekolah pada suatu lembaga pendidikan adalah konsep pendidikan alternatif yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik kurikulum yang dipakai di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI”, (2) mengetahui karakteristik hubungan pembelajaran antara guru dengan peserta didik di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI”, dan (3) mengetahui karakteristik materi ajar di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di lembaga bimbngan belajar “PRESTASI”. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan studi etnografi karena peneliti berada diantara objek yang diteliti dalam jangka waktu tertentu. Model analisis yang digunakan adalah analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, data display, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik kurikulum yang dipakai di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI” yaitu kurikulum correlated and integrated, lokasinya strategis sehingga hal ini membuat peserta didik bisa menggunakan fasilitas yang ada untuk belajar dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja; peserta didik berfikir kritis, kreatif dan proaktif sedang gurunya berani melakukan perubahan untuk merekonstruksi makna belajar yang sesungguhnya. 2) Karakteristik hubungan pembelajaran antara guru dengan peserta didik menunjukkan bahwa adanya komunikasi yang efektif antara guru dan murid karena diantara mereka saling mempunyai komitmen untuk mengembangkan kesabaran, memberi dan menerima nilai-nilai hidup, dan disiplin. 3) Karakteristik materi ajar di lembaga bimbingan belajar “PRESTASI” yaitu menggunakan pendekatan unit study dan eclectic. Sumber belajar dari media elektronik dan cetak. Adapun evaluasinya adalah melihat anak masih tersenyum berarti menunjukkan anak bahagia. Proses pembelajaran ditentukan oleh orang tua berdasar atas kebutuhan anak dan dilakukan secara fleksibel. Perkembangan kognitif, sosial, dan kesadaran beragama peserta didik di lembaga bimbingan tersebut berlangsung dengan baik. Hal ini terlihat dari lompatan belajar yang mereka lakukan; rasa percaya diri, keberanian dan empati yang mereka miliki; serta pengamalan ajaran agama yang mereka anut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, siswa, guru, ekonomi lemah, karakteristik, dan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Dec 2011 07:21
Last Modified: 22 Dec 2011 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16257

Actions (login required)

View Item View Item