Kontribusi Kondisi Lingkungan Belajar, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Siahaan., Cahaya Nurdina (2011) Kontribusi Kondisi Lingkungan Belajar, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Cover.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Kontribusi kondisi lingkungan belajar, kelengkapan fasilitas belajar, dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Kontribusi kondisi lingkungan belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. (3) Kontribusi kelengkapan fasilitas belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. (4) Kontribusi motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan populasi adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 400 siswa. Sampel ditetapkan sebesar 186 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji ketepatan model, uji ketepatan parameter penduga (t test), sumbangan prediktor dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa: (1) “kondisi lingkungan belajar, kelengkapan fasilitas belajar, dan motivasi belajar secara simultan mempunyai kontribusi terhadap kedisiplinan belajar siswa” terbukti kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05 dan sumbangan efektif sebesar 32,8%. (2) Kontribusi variabel kondisi lingkungan belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t hitung 5,352 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 18,3%, terbukti kebenarannya. (3) Kontribusi variabel kelengkapan fasilitas belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t hitung 2,486 dengan taraf signifikan sebesar 0,014 dan sumbangan efektif sebesar 7,4%, terbukti kebenarannya. (4) Kontribusi variabel motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sragen yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t hitung 2,342 dengan taraf signifikan sebesar 0,020 dan sumbangan efektif sebesar 7,1%, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kondisi lingkungan belajar, kelengkapan fasilitas belajar, motivasi belajar, kedisiplinan belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Dec 2011 06:57
Last Modified: 22 Dec 2011 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item